Analisis Manajemen Dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Nur Fauzi Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
  • Giyoto Giyoto Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia
  • Fauzi Muharrom Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2250

Keywords:

Manajemen, Madrasah Tsanawiyah, Educator Competence.

Abstract

Management in madrasah education, in addition to the role of the principal, is also the role of supervisors or supervisors who are also a determinant in improving learning achievement and school quality. Education supervision or supervision is an effort to provide services to education stakeholders, especially to educators at school, both individually and in groups to improve the quality of the learning process and results, the purpose of this study is to conduct management analysis for the development of educational competence in madrasah tsanawiyah in Demak district. This research method, carried out through a qualitative approach using descriptive method of case study strategies. This study describes or describes the phenomenon of teacher competency development in classroom management. The results showed that in Madrasah Tsanawiyah, Demak Regency, showed that policies made both from planning, implementation, support and obstacles, and the impact of developing teacher professional competence which were carried out were carried out according to goals and planned although there were still obstacles and shortcomings that still had to be addressed.

References

Ahmadi, Rulam (2018). Profesi Keguruan: Konsep dan Strategi Mengembangkan Profesi dan Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alma, Buchori (2012). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Amalia, Husna (2019). Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol. XI, No 1:132-147. September.

Cahyana, Ade (2010). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 1, Jnauari.

Creswell, John W. (2018). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dali, Zulkarnain (2017). Manajemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan (2015). Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Prenada Media

E. Mulyasa (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitriani, Cut, dkk. Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 5, No. 2, Mei 2017 pp. 88 – 95.

Hambali, Muh. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal MPI Vol 1

Hasbullah (2016). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press

Hermino, Agustinus (2018). Guru dalam Tantangan Globalisasi: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hitt, Michael A., Black J. Stewart dan Porte, Lyman W. (2012). Management. London: PearsonInternational.

Ikbal, Panji Alam Muhamad (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Isema; Islamic Educational Manajemen Vol. 3, No 1. P.65-75. Juni.

Isjoni (2009). Guru seabagi Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Janawi (2019). Kompetensi Guru, Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta

Kadir, Abdul (2015). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah

Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah

Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri (2015). Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kosim, Abdul & Fathurrohman (2018). Pendidikan Agama Islam: Sebagai Core Values untuk Perguruan Tinggi Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya

F. Efendi and P. Wihartati, “Decision Support System for Share Investment Using The Capital Assetpricing Method ( CAPM ),†Decis. Support Syst. Share Invest. Using Cap. Assetpricing Method, vol. 02, no. 01, pp. 18–22, 2021.

Mahmud (2019) Manajemen Pendidikan Tinggi: Berbasis Nilai-Nilai Spiritualitas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Makawimbang, Jerry H. (2012) Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin & Suti’ah & Prabowo, Sugeng Listyo (2015). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media

Nasution, Sri Purwanti (2016). Peranan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru dalam Jurnal Al-Idarah Vol, 6, No. 1; Jurnal ilmiah Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.

Nata, Abuddin (2018). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Noor, Juliansyah (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Sanjaya, Wina (2015). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Setyosari, Punaji (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Siadari, Halomoan Mangasi ((2013). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 1, Nomor 1. P. 48 – 65.

Sudarman, Momon (2013). Profesi Guru, Dipuji, Dikritis, dan Dicaci. Jakarta: Rajawali Press.

Suprihatiningrum, Jamil (2020). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2010). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, S. (2017). Peran Manajemen Syariah Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(02), 112-124.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Trisoni, Ridwal (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ta’dib, Volume 14, No. 2. Desember.

Tohirin (2014). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno, Hamzah B. (2012) Profesi Kependidikan: Problrma, Solusi dan Reformasi di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Agus (2016). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widodo, Suparno Eko (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D).

Yusuf, Muri (2017) Metode Penelitian: Kuantatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Downloads

Additional Files

Published

23-03-2021

How to Cite

Fauzi, N., Giyoto, G., & Muharrom, F. (2021). Analisis Manajemen Dalam Pengembangan Kompetensi Pendidik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 433–442. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2250

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.