“NEW SAKPOLE” SEBUAH ALTERNATIF KEBIJAKAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI ERA PANDEMI COVID-19

Faris Budiman, Kismartini Kismartini, A Rina Herawati

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana inovasi “New Sakpole” sebagai strategi pelayanan publik berbasis e-government untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi “New Sakpole” sebagai strategi pelayanan publik berbasis e-government untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor oleh Pemerintah Jawa Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik dan inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif (reduksi data, sajian dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa “New Sakpole” sebagai inovasi kebijakan publik pemerintah Jawa Tengah dalam hal mendorong masyarakat untuk taat dan disiplin dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Kebijakan tersebut sangat efektif karena dapat memangkas waktu dan tenaga masyarakat, serta tidak menimbulkan kerumunan orang. Kebijakan publik “New Sakpole” sebagai salah satu inovasi pemerintah Jawa Tengah merupakan terobosan yang belum pernah dilakukan oleh pemerintah lainnya. Kebijakan tersebut dapat ditiru oleh pemerintah lainnya dalam rangka untuk mendongkrak pemasukan sektor perpajakan, khususnya sektor pajak kendaraan bermotor.

Keywords


new sakpole; pelayanan publik; pajak kendaraan bermotor; Jawa Tengah

Full Text:

PDF

References


Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan dan kebijakan. Jakarta: Erlangga.

Anderson, James. (2006). Publik Policy Making: An Introduction. Belmont: Wadsworth.

Bardach, E, 2012, A Practical Guide for Policy Analysis: The Eightfold Path To More Effective Problem Solving (4th Edition). Sage, Washington DC

Dr. Abdul Rahman, SKM, M.Si, (2018) Kebijakan Dalam Pelayanan Publik: Meningkatkan Kepatuhan Pajak Dengan Mekanisme Reward Dan Punishment, dalam http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_692024921571.pdf

T. F. E. Nendy Akbar Rozaq Rais, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BATIK DI TOKO ANDINI PLUPUH,” Pros. Semin. Nas. Call Pap. STIE AAS, vol. 2, no. November 2020, pp. 1–6, 2020.

Nugroho, Riant Dwijodijoto. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Said, M. Mas’ud, (2006) Birokrasi di Negara Birokratus. Malang: UMM Press

Widi Setya Anjani, Pipin Hanapiah, Rudiana, (2019), Kebijakan Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa, Vol..5, No.2, 2019 Doi: https://doi.org/10.24198/cosmogov.v5i2.21739 http://jurnal.unpad.ac.id/cosmogov/index.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v22i1.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics