FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA BARU MENEMPUH KULIAH DI STIE AAS DITINJAU DARI MARKETING MIX
DOI:
https://doi.org/10.29040/jap.v17i01.95Abstract
Obyek penelitian adalah mahasiswa baru STIE AAS tahun akademik 2015/2016 dengan sampel sebanyak 80 orang .Teknik pengumpulan data dengan Kuesioner, sedangkan Metode analisa data dengan uji instrument untuk menguji validitas dan reliebilitas. Untuk mengetahui pengaruh variabel program studi, biaya perkuliahan, lokasi kampus, media cetak, media elektronik dan personal selling terhadap keputusan mahasiswa menggunakan analisis Regresi berganda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah factor program studi, biaya perkuliahan, lokasi, media cetak, media elektronik dan personal selling mempunyai pengaruh terhadap keputusan mahasiswa baru dan untuk mengetahui apakah variabel variable bebas secara bersama sama mempengaruhi Keputusan mahasiswa baru menempuh kuliah di STIE AAS Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel biaya perkuliahan, lokasi kampus, promosi media cetak, media elektronik dan personal seling terhadap keputusan menempuh kuliah di STIE AAS. Sedangkan variabel program studi tidak berpengaruh positif terhadap Keputusan Mahasiswa Uji F menunjukkan variabel variabel Marketing mix tersebut secara bersama sama terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menempuh kuliah di STIE AAS. Sedangkan uji t variabel program studi, biaya perkuliahan, lokasi kampus, media cetak, media elektronik dan personal selling dalam marketing mix tidak berpengaruh terhadap Keputusan Mahasiswa menempuh Kuliah di STIE AAS
Kata kunci : program studi, biaya perkuliahan, lokasi, promosi media cetak, media elektronik, personal selling, keputusan mahasiswa
References
Abdurachman, Ujianto, 2004, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 34 - 53 Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur), Staf Pengajar Fakultas Ekonomi,Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Arikunto, Suharsini (2002) Dasar-dasar Pemasaran, Penerbit Pretallindo, Jakarta
Buchori, Alma (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Bandung Alfabeta
Buchori, Alma (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Bandung, Alfabeta
Fandy, Tjiptono dan Gregorius (2005) Service, Quality satisfaction, Yogyakarta andi offset
Fathorrahman (2009). Jurnal Ilmiah Bisnis dan ekonomi Vol. 4, No, 1, Desember 2009: 66 – 86 Faktor faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor merk Honda di kecamatan Pademawu Kabupaten pamekasan.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Jakarta Erlangga
Kotler, Phillip (2010), Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, jilid 2 Edisi 13 Jakarta Penerbit Indeks
Kotler Phillip, Keller Kevin Lane (2004). Marketing Associate diterjemahkan oleh Bob Sabran, 2009. Jakarta Gramedia Pustaka Utama
Much. Angsori (2010). Pengaruh Strategi Marketinf Mix terhadap LLoyalitas Pelanggan PT Pos Indonesia Kantor Pos Wonogiri. STIE Atma Bhakti Surakarta
Ridwan, Adun Rusyana (2011) Cara mudah belajar SPSS 17 dan Aplikasi Statisik Penelitian, Bandung Penerbit Alfabeta
Singarimbun, Masri, dan Sofian Efendi,(2006). Metode Penelitian Survei, Jakarta, Penerbit LP3ES
Sri Hadiati, Sarwi Ruci (2008), Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Journal costumer satisfaction, Mei 14
Sugiyono (2007) Metode Penelitian Bisnis, Bandung, CV.Alfabeta
Suharyadi dan Purwanto, Statistika : Untuk ekonomi dan euangan modern, edisi 2, Yogyakarta Salemba empat
Swastha, Bhasu DH dan Hani Handoko(1987), Manajemen Pemasaran, Cetakan ke 2, Penerbit Liberty
Tjiptono, Fandy, 2005.Pemasaran Jasa, Malang. , Penerbit Bayumedia
Umar Husein, 2002, Riset Pemasaran dan perilaku konsumen, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Widayat (2004) Mtode penelitian Pemasaran (Aplikasi Software SPSS) Malang UMM Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Akuntansi dan Pajak and publishing rights belong entirely to LLPM STIE AAS SurakartaÂ
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.