Analisis Program Tiktok dan Shopee Affiliate Perspektif Maslahah Mursalah
Sarah Sobrina Balqis, Achmad Ali Mustofa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis program tiktok dan shope Affiliate dalam perspektif maslahah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis lapangan dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarian referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, motif dan praktik,berdasarkan kajian Etnografi Hukum dimana yang menjadi kajian utama berupa norma, kebiasaan, dan budaya berhukum masyarakat setempat, menjadikan praktik jual beli affiliasi dilakkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan tetap menjaga norma dan budaya yang masih dipegang teguh oleh masyarakat indonesia. Kedua, menurut kajian maslahah mursalah dampak yang ditibulkan dari jual beli online ini memberikan banyak kemasalahatan, dan maslahat ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat dan juga individu, serta dampaknya tidak ada yang melanggar kaidah dalam Al-Quran, Sunah Rashul, maupun Ijma. segala sesuatu yang dapat mendatangkan kemanfaatan segala sesuatu yang membuat terhindari dari kemudharatan atau kejelekan. Hasil tersebut bisa kita klasifikasikan program tiktok affiliate termasuk maslahah dlaruriyah, maslahah tersebut tergolong maslahah pokok atau primer. Maslahah dlaruriyah merupakan jenis kemaslahatan yang kaitannya dengan kepentingan pokok manusia. Hasil tersebut bisa ditempatkan bahwa eksistensi dari program affiliate termasuk masalahah mursalah, yang mana mendatangkan kebaikan atau kesenangan dan menajauhkan hal yang mudharat seperti kemiskinan.
Keywords
Tiktok Affiliate; Shope Affiliate; Maslahah Mursalah
References
Aminuddin. Analisis maslahah mursalah terhadap jual beli sperma untuk kepentingan penelitian medis di Surabaya. 2019 : Surabaya.
Diana, Agus, Khasanah. Tiktok affiliate, a new marketing channel for brands.2023
Fadilatul munawarah. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli pakaian bekas (thrift shop) pada media sosial.Ike dan arfan. Transaki jual beli on-line melalui media Instagram @PPSHOP88 dengan akad salam.
Hendri dan Mashudi. Al maslahah al mursalah dalam penentuan hukum islam. 2018 :
Khodijah. Maqashid Syariah dan maslahah dalamekonomi dan bisnis syariah.
Misran. Al maslahah mursalah ( suatu metodologi alternative dalam menyelesaikan persoalan hukum kontemporer)
Muh. Lathoif. Dan Muafi. Studi fenomenologi : Perilaku konsumtif game online pada remaja di kelurahan Siwalankerto Kota Surabaya perspektif maslahah. Surabaya
Tri lestari dan Dedi. Peran media penjualan terhadap pendapatn e- commerce pada usaha mikro. 2021.
DOI:
http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.