Strategi Pemasaran Produk Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v3i03.111Keywords:
BPRS, Produk BPRS, Strategi Pemasaran ProdukAbstract
Keberadaan BPRS adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam dunia perbankan, selaras dengan tuntutan globalisasi di masa mendatang serta memberdayakan ekonomi mikro di daerah-daerah yang mungkin belum terwadahi dengan maksimal oleh keberadaan bank umum syariah dan unit usaha syariah. Setiap bank syariah mempunyai produk yang berbeda-beda yang ditawarkan kepada masyarakat, akibatnya muncul persaingan diantara bank syariah itu sendiri untuk memasarkan produk kepada masyarakat, oleh karena itu perlu adanya strategi pemasaran produk bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan data diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak direktur BPRS Mitra Mentari Sejahtra. dari hasil wawancara ditemukan bahwa BPRS dalam menawarkan produknnya, hendaknya selalu memanfaatkan warga Muhammadiyah untuk dijadikan sebagai nasabah, hal ini terbukti dengan lebih dominannya jumlah nasabah yang ada di BPRS. Tahap perencanaan, strategi dan sampai pada implementasi telah dilakukan dengan baik. Dari data yang diperoleh bahwa penghimpunan dan penyaluran dana untuk setiap bulan selalu mengalami peningkatan, hal ini akan menjadi kekuatan BPRS untuk tetap bertahan untuk jangka panjang.
Â
Saran sitasi: Riawan, R., & Santoso, E. (2017). Strategi Pemasaran Produk Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(03), 157-166. doi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i03.111
References
Bachtiar, W. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos
Bank Indonesia (2011), Statistik Perbankan Syariah. www.bi.go.id/id/statistik/perban-kan/syariah/Pages/sps_Des_2011.aspx diakses 01 November 2017
Bank Indonesia (2013), Statistik Perbankan Syariah. www.bi.go.id/id/statistik/perban-kan/syariah/Pages/sps_des2013.aspx diakses 01 November 2017
Bank Indonesia, (2013). SEKDA Provinsi Jawa Timur 2013.
Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia
Hafidhuddin, (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Jakarta: Gema Insani.
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2002), Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.
Kotler Philip, (2007), Manajemem Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Jilid I, Ed 8. Jakarta:FEUI
Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics. Vol. 4 No. 1 Mei 2010, 43-57
Moelong, Lexy J.; (2002) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakata
Sinungan, Muchdarsyah. (2000). Manajemen Dana Bank. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suputra, Eka dkk, 2014.Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Penyaluran Kredit, Dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Karangasem. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014)
Taswan. 2006. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YPKP
William, J. Stanton, (2006) Prinsip Pemasaran, alih bahasa Wilhelmus W Bokowatun. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.