Formulasi Strategi Pemasaran Produk Keagenan Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Regional Jakarta)

Authors

  • Cupian Cupian Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Sarah Annisa Noven Program Studi Ekonomi Islam - Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Safa Nur Safina Unpad, Indonesia

Keywords:

Marketing Strategy, BSI Smart, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM

Abstract

Sejak resmi diluncurkan di wilayah regional Jakarta pada tahun 2022, produk keagenan Bank Syariah Indonesia yang bernama BSI Smart telah menunjukkan pertumbuhan yang baik dalam jumlah agen. Meskipun demikian, kenyataannya jumlah agen yang telah tersebar masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan produk keagenan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran bagi BSI Smart Bank Syariah Indonesia Regional Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di mana responden yang dipilih terdiri dari pihak Bank Syariah Indonesia, Agen BSI Smart, dan Dosen. Hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa BSI Smart berada pada kuadran 1, yang berarti produk BSI Smart berada dalam posisi pertumbuhan dan perlu dikembangkan. Sementara itu, melalui matriks SWOT, penelitian ini menghasilkan enam strategi alternatif yang kemudian diprioritaskan menggunakan analisis QSPM.

References

Agus Marimin, A. H. R., & Nur, F. (2017). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02), 75–87. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30

Akins, R. B., Tolson, H., & Cole, B. R. (2005). Stability of response characteristics of a Delphi panel: Application of bootstrap data expansion. BMC Medical Research Methodology, 5(February 2005). https://doi.org/10.1186/1471-2288-5-37

Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek ). In CV. Penerbit Qiara Media.

Bank Rakyat Indonesia. (2022). 10 Capaian Prestasi BRI di 2022 & Strategi Hadapi 2023. https://www.bri.co.id/web/guest/detail-news?urlTitle=10-capaian-prestasi-bri-di-2022-strategi-hadapi-2023

BSI. (2022). BSI Smart Agent. Www.Bankbsi.Co.Id. https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/1618199550bsi-smart-agent

Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. CIMAE: Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics, 2, 133–140. https://journal.uii.ac.id/CIMAE/article/view/12766/9450

Fred R. David, F. R. D. (2015). Strategic Management Concepts and Cases (15th ed.). Pearson. http://http//www.pearsonmylabandmastering.com

Guiltinan, J. . (1994). Strategi dan Program Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Gunawan, A. (2022). Monograf Pengukuran Literasi Keuangan Syariah dan Literasi Keuangan (M. Arifin (ed.)). Umsu Press.

Hallowell, M. R., & Gambatese, J. A. (2010). Qualitative Research: Application of the Delphi Method to CEM Research. Journal of Construction Engineering and Management, 136(1), 99–107. https://doi.org/10.1061/(asce)co.1943-7862.0000137

Hasan, M., Le, T., & Hoque, A. (2021). How Does Financial Literacy Impact on Inclusive Finance? Financial Innovation, 7(1), 23. https://doi.org/10.1186/s40854-021-00259-9

Huda, N., & Heykal, M. (2010). Lembaga Keuangan Islam. Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=mo9ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_book_other_versions_r&cad=4#v=onepage&q&f=false

IDX Channel. (2022). BSI Siapkan Kas Rp15,57 Triliun Jelang Libur Nataru. https://www.idxchannel.com/banking/bsi-siapkan-kas-rp1557-triliun-jelang-libur-nataru/all

IDX Channel. (2023). Jumlah BNI Agen46 Tembus 165 Ribu Orang, Naik 10,7 Persen per September 2022. https://www.idxchannel.com/banking/jumlah-bni-agen46-tembus-165-ribu-orang-naik-107-persen-per-september-2022

Kasmir. (2018). Dasar-Dasar Perbankan. Rajawali Pers.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Mirzakhani, A., Turró, M., & Behzadfar, M. (2021). Sustainable regeneration strategies for the historical city centers of Iran using SWOT and QSPM models. Journal of Cultural Heritage Management and Sustainable Development. https://doi.org/10.1108/JCHMSD-02-2021-0022

Nurnasrina, & Putra, P. A. (2017). Kegiatan Usaha Bank Syariah. In Pembiayaan Bank Syariah (Issue January 2017). Kalimedia.

OJK. (2015). Laku Pandai. Www.Ojk.Go.Id. https://www.ojk.go.id/id/Pages/Laku-Pandai.aspx

OJK. (2017). Prinsip dan Konsep Dasar Perbankan Syariah. Www.Ojk.Go.Id. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Prinsip-dan-Konsep-PB-Syariah.aspx

OJK. (2020a). Bulan Inklusi Keuangan: Wujudkan Akses Keuangan Untuk Semua. Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10532

OJK. (2020b). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan. In Survey Report. www.ojk.go.id

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2003). Strategic management : formulation, implementation, and control. McGraw-Hill/Irwin.

Rangkuti, F. (2006). Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

The World Bank. (2022). Financial Inclusion. Www.Worldbank.Org. https://www.worldbank.org/en/topic/financialinclusion/overview

Wardana, I. M., Sukaatmadja, I. P. G., & Setini, M. (2022). Formulation of Business Strategies to Improve Business Performance by SWOT and SQSPM Approach in Era Pandemic: A Study on Culinary MSMEs. Quality - Access to Success, 23(188), 47–55. https://doi.org/10.47750/QAS/23.188.07

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability (13th ed.). Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall.

Wiroso. (2007). Produk perbankan syariah.

Yam, J. H. (2020). Manajemen Strategi Konsep & Implementasi. CV Nas Media Pustaka.

Yousuf, M. I. (2007). Using experts’ opinions through Delphi technique. Practical Assessment, Research and Evaluation, 12(4). https://doi.org/10.7275/rrph-t210

Zulkarnain, A., Wahyuningtias, D., & Putranto, T. S. (2018). Analysis of IFE, EFE and QSPM matrix on business development strategy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 126(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/126/1/012062

Downloads

Published

29-04-2025 — Updated on 09-05-2025

Versions

How to Cite

Cupian, C., Noven, S. A., & Safina, S. N. (2025). Formulasi Strategi Pemasaran Produk Keagenan Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Regional Jakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/16549 (Original work published April 29, 2025)

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>