Konsep Jual Beli dalam Islam dan Implementasinya pada Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v1i1.12352Keywords:
concept, buying and selling, Islam, implementation, marketplaceAbstract
References
Adi, F. K. (2021). Perspektif Jual Beli Online dalam Perspektif Hukum Islam dan KUHPerdata. Lisyabab Jurnal Studi Islam Dan Sosia, 2(1), 91–102.
Ainiyyah, F. A., & Wildana. (2021). Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Islam ( Studi Kasus MH Whitening Skin ). Al-Ubudiyah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.55623/au.v2i2.35
Al-Albani, M. N. al-D. (1990). Dha’if al-Jami’ al-Shagir wa Ziyadatuh. al-Maktab al-Islami.
Al-Jazairi, A. B. J. (2015). Tafsir Al-Qur‟an Al-Aisar (Cetakan Ke). Darus Sunnah Pres.
Al-Mubarokfuri, S. S. (2009). Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Daarus Salam Linnasyr wa Tauzi’ (Cetakan Ke). Pustaka Ibnu Katsir.
Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019.
Ar-Rifa’i, M. N. (2012). Kemudahan dari Allah, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (Surah Al_Faatihah-An-Nisaa) (Cetakan Pe). Gema Insani.
Arny, S., Daeng Mapuna, H., & Anis, M. (2021). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pada Marketplace Online Lazada. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, 2(4), 222–238. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/21658#:~:text=2) menurut hukum Islam jual,%2C as-Sunnah dan ijma.
As-Saa’di, A. bin N. (2006). Tafsir As-Sa’di Jilid 1. Pustaka Sahifa.
Ath-Thayyar, M. bin M., Al-Muthlaq, A. bin M., & Ibrahim, M. bin. (2009). Ensiklopedi Fiqih Muamalah dalam Pandangan 4 Madzhab, terj. Miftahul Khairi. Maktabah al-Hanif.
Bahreisy, S., & Bahreisy, S. (2003). Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir Jilid II (Jilid II). PT Bina Ilmu.
Baits, A. N. (1441a). Halal Haram Bisnis Online (Edisi 2). Muamalah Publishing.
Baits, A. N. (1441b). Pengantar Fiqh Jual Beli dan Harta Haram (Cetakan Pe). Muamalah Publishing.
Chotimah, C. (2018). JUAL BELI ONLINE BENTUK MUAMALAH DI MASA MODERN. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 1(2), 135–144.
Fauzia, I. Y. (2014). Etika Bisnis Islam (Cetakan Ke). Prenada.
Fauzia, I. Y. (2015). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perpektif Maqashid al-Shariah. Prenada.
Fauzia, I. Y. (2018). Analisis Perilaku Bisnis Syariah dalam Market Place Perspektif Maqashid al-Shariah: Studi Kasus Transaksi di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Penelitian Internal STIE Perbanas Surabaya.
Fauzia, I. Y. (2019). Islamic Entrepreneurship Kewirausahaan Berbasis Pemberdayaan (I). Rajawali Pers.
Finance, I. S. R. A. for I. (2015). Sistem Keuangan Islam. PT Raja Grafindo Persada.
Fitria, T. N. (2017). BISNIS JUAL BELI ONLINE (ONLINE SHOP) DALAM HUKUM ISLAM DAN HUKUM NEGARA. JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM, 3(1), 52–62.
Ibdalsyah, & Tanjung, H. (2014). Fiqh Muamalah (Konsep dan Praktek). Penerbit Azam Dunya Bogor.
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
Kemenag RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019 (1st ed.). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3 (Edition 3,). Sage Publications.
Pekerti, R. D., & Herwiyanti, E. (2018). Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Syariah Madzhab Asy-Syafi’i. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(2), 48–60. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v20i2.1108
Rochmi, A., Hariyanto, M., & Setiawan, H. (2021). MEMAHAMI KONSEP TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE SESUAI HUKUM ISLAM. ’AAINUL HAQ: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(Juni), 76–90.
Sagita, F. (2021). ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI ONLINE OLEH MAHASISWA STAIN MAJENE. Jurnal Qisthosia : Jurnal Syariah Dan Hukum, 2(2), 141–155.
Sanusi, M. S. H., Sutisna, & Hakiem, H. (2022). Journal of Islamic Law. Mizan: Journal of Islamic Law, 6(3), 433–446. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/mizan.v6i3.1272 Abstract
Suretno, S. (2018). JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 93–109.
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alusy. (2012). Tafsir Al-Muyassar (Cetakan Ke). An-Naba’.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS SurakartaÂ
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.