Al-Qur’an dan Pengentasan Kemiskinan

Authors

  • Lukman Hakim Pengurus Yatim Mandiri, Indonesia
  • Ahmad Danu Syaputra IAIN Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1310

Keywords:

Al-Qur'an, kemiskinan

Abstract

Berdasarkan fakta empirik tentang masalah kemiskinan di dunia, negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya muslim mendapat banyak sorotan. penelitian yang dilakukan oleh Dr. Nabil Subhi Ath-Thawil menemukan bahwa 30 dari 36 negara termiskin di Asia dan Afrika sebagian besar penduduknya beragama Islam. Maka tidak heran jika Islam sering kali dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti kemiskinan, kebodohan, dan kemelaratan. Dari sinilah penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana Al-Qur’an merupakan sumber dari ajaran agama Islam merespon masalah kemiskinan. Diawali dengan pembahasan makna faqir dan miskin dalam al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan latar belakang munculnya masalah kemiskinan menurut pandangan al-Qur’an dan terakhir solusi yang ditawarkan oleh al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain intepretatif yaitu langkah-langkah penafsiran tematik oleh ‘Abd al-Hayy al-Farmawi tentang ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits yang mengkaji masalah kemiskinan, selain itu juga menambah pandangan ulama tafsir tentang ayat-ayat tersebut. Adapun sumber dalam kajian ini menggunakan ayat-ayat al-Qur’an sebagai sumber primer dan hadis-hadis Nabi, kitab tafsir, serta karya para ulama dan cendekiawan lain yang berkaitan dengan tema pembahasan sebagai sumber sekunder. Kemudian al-Qur’an di dalam menggambarkan latar belakang munculnya masalah kemiskinan lebih ditujukan kepada kesalahan manusia itu sendiri (human error). Tentang sikap hidup yang tertanam dalam diri mereka seperti malas dan bekerja tidak sungguh-sungguh, boros dan berlebih-lebihan, kikir dan enggan berbagi dengan sesama, serakah di dalam mencari harta sehingga memunculkan kerusakan di muka bumi, serta adanya sistem dan struktur yang dibangun pada suatu masyarakat yang jauh dari nilai-nilai keadilan dan penuh dengan diskriminasi dan eksploitasi. Sedangkan untuk solusi al-Qur’an menempuh tiga jalur. Pertama, ditujukan kepada personal umat Islam di dalam memberikan panduan tentang sikap hidup dan tingkah laku yang seharusnya ditanamkan. Kedua, ditujukan kepada personal umat Islam umumnya, dan khususnya kepada masyarakat untuk membiasakan diri berbagi dan memberikan pemberian kepada orang-orang yang membutuhkan. Ketiga, ditujukan kepada para pemimpin atau penguasa untuk menegakkan keadilan dan struktur sosial yang dibangun terbebas dari penindasan, eksploitasi, dan konsentrasi kekayaan pada segelintir orang.

References

Abadi, Majd al-Din al-Fayruz. Qamus al-Muhit. Beirut: Dar al-Fikr li al-Tiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tawzi’, 1999.

al-Adlabi, Salah al-Din. Manhaj Naqd al-Matan ‘Inda ‘Ulama’ al-Hadis al-Nabawi. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, tt.

Ayoub, Mahmoud. Islam dan Teori Dunia Ketiga; Pemikiran Keagamaan Muammar Qadhdhafi. terj. Wahdad Qurdi. Bogor; Humaniora Press, 2004.

Badruzaman, Abad. Teologi Kaum Tertindas: Kajian Tematik Ayat-ayat Mustadh’afin dengan Pendekatan Keindonesiaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Baidan, Nashruddin. Tafsir Maudhu’i; Solusi Qur’ani atas Masalah Sosial Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Bakhit, Izzedin [et al.]. Menggempur Akar-akar Kemiskinan. terj. Frederik Ruma. Jakarta: YAKOMA PGI, 2001.

al-Baqi, Fuad ‘Abd. Al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Fikr, 1992.

Basyir, Ahmad Azhar. Refleksi atas Persoalan Keislaman; Seputar Filsafat, Hukum, Politik dan Ekonomi. Bandung: Mizan, 1994.

Engineer, Asghar Ali. Islam dan Teologi Pembebasan. terj. Agung Prihantoro Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

al-Farmawi, ‘Abd al-Hayy. al-Bidayah fial-Tafsir al-Maudu’i; Dirasah Manhajiyyah Maudu’iyyah. Kairo: al-Hadrah al-‘Arabiyah, 1977.

Hafidhuddin, Didin. Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

________. Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani, 2003.

Hamka, Tafsir al-Azhar Juz 10. Jakarta: PT Pustaka Panjimas, 2001.

________. Tafsir al-Azhar Juz 11. Jakarta: PT Pustaka Panjimas, 2001.

Hardojo, Antonio Pradjasto (dkk). Mendahulukan si Miskin; Buku Sumber bagi Anggaran Pro Rakyat. Yogyakarta: LkiS, 2008.

Hatta, Ahmad. Tafsir Qur’an Per Kata; Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul & Terjemah. Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2009.

Huda, Miftachul. Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ibrahim, Sa’ad. Kemiskinan dalam Perspektif al-Qur’an. Malang: UIN Malang Press, 2007. al-Isfahani, Al-Ragib. Mu’jam Mufradat Alfaz Al-Qur’an . Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Ishlah, A. A. Konsepsi Ekonomi Ibnu Taimiyah Terj. Anshari Thayib. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1997.

Longman Dictionary of American English. cet II, Libanon: Librairi du Liban, 1984.

Manzur, Ibnu. Lisa>n al-‘Arab, Juz. 3. Beirut: Dar ‘Ilmiah, 2009.

Muhammad, Abdullah bin. Tafsir Ibnu Katsir Jild. 9 terj. M. Abdul Ghoffar. Jakarta: Pustaka Imam al-Syafi’i, 2008.

Munir, Misbahul. Ajaran-Ajaran Ekonomi Rasulullah; Kajian Hadis Nabi dalam Perspektif Ekonomi. Malang: UIN Malang Press, 2007.

al-Nabahan, M. Faruq . Sistem Ekonomi Islam; Pilihan Setelah Kegagalan Sistem Kapitalis dan Sosialis. terj. Muhadi Zaenuddin. Yogyakarta: UII Press, 2000.

Nobuko, Cholid (dkk). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Askara, 2001.

Pei, Mario. The Lexicon Webster Dictionary Vol I, USA: The English-Language Institute of America, tt.

Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah, Berderma Untuk Semua: Wacana Dan Praktik Filantropi Islam (Jakarta: Traju 2003)

Quthb, Sayyid. Tafsir Fi Zilal al-Qur’an; Di Bawah Naungan al-Qur’an. Jilid. 2 Terj.

Aunur Rafiq Shaleh Tamhid. Jakarta: Rabbani Press, 2001.

________. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan al-Qur’an . Jilid. 11. terj.

As’ad Yasin (dkk). Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

________. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan al-Qur’an . Jilid. 12. terj.

As’ad Yasin (dkk). Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

al-Qaradawi, Yusuf. Konsepsi Islam dalam Mengentaskan Kemiskinan terj.Umar Fanany. Surabaya:PT. Bina Ilmu, 1996.

________. Hukum Zakat terj. Salman Harun (dkk). Bogor: Pustaka Litera, 1987.

Rais, M. Amin. Agenda Mendesak Bangsa; Selamatkan Indonesia. Yogyakarta: PPSK Press, 2008

Sahabuddin [et al.], Enskiklopedi al-Qur’an; Kajian Kosakata. Jilid I. Jakarta: Lentera Hati, 2007.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. vol 3. Jakarta: Lentera Hati, 2004.

________. Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. vol 14. Jakarta: Lentera Hati, 2004.

________. Secercah Cahaya Ilahi; Hidup Bersama al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2007.

________. Membumikan al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 1995.

al-Sibba’i, Mustafa Husni. Kehidupan Sosial Menurut Islam; Tuntunan Hidup Bermasyarakat. terj. M. Abdai Ratomy. Bandung: CV Diponegoro, 1993.

As-Siddiqie, M Hasbi. Al-Islam 2; Amalan Anggota Lahir, Kewajiban terhadap Keluarga, Masyarakat dan Negara. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1998.

Suyanto, Bagong. Perangkap Kemiskinan: Problem dan Strategi Pengentasaannya dalam Pembangunan Desa. Yogyakarta: Aditya Medika, 1996.

Taimiyah, Ibn. Tugas Negara Munurut Islam terj. Arif Maftuhin Dzohir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

ath-Thawil, Nabil Subhi. Kemiskinan dan Keterbelakangan di Negara-Negara Muslim terj. M Bagir. Bandung: Mizan, 1993.

‘Umar, Muhammad bin. Ahkam al-Faqir wa al-Miskin fi al-Qur’an al-‘Azim wa al-Sunnah al-Mutahharah. Beirut: Dar al-Basyair al-Islamiyyah, 1999.

al-Zuhayli, Wahbah. Zakat Kajian Berbagai Mazhab Terj. Agus Efendi dan Bahruddin Fannany. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.

Software al-Maktabah al-Syamilah

Downloads

Published

29-10-2020

How to Cite

Hakim, L., & Syaputra, A. D. (2020). Al-Qur’an dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 629–644. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1310

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)