Implementasi Etika Bisnis Islam pada Distributor Tiens Wilayah Bangkalan dan Sekitarnya
Keywords:
Keywords : Business Ethics, Tianshi Syariah, Sharia Principles, Multi-Level Marketing, Justice]Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis oleh distributor Tianshi Syariah serta kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip etika bisnis yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, termasuk wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar distributor memahami pentingnya prinsip syariah dalam berbisnis; namun, terdapat tantangan signifikan terkait transparansi dan distribusi komisi yang adil. Banyak distributor mengungkapkan bahwa tekanan untuk mencapai target keuangan sering kali membuat mereka lebih fokus pada merekrut anggota baru dibandingkan dengan penjualan produk. Selain itu, sistem komisi yang mengandalkan struktur piramida menciptakan ketidakadilan, di mana distributor yang lebih berpengalaman memperoleh keuntungan lebih besar sementara distributor baru lebih berisiko mengalami kerugian. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan tentang prinsip-prinsip syariah, evaluasi terhadap sistem komisi, serta dorongan untuk fokus pada penjualan produk berkualitas guna menciptakan lingkungan bisnis yang lebih adil dan berkelanjutan.
References
Al-Amin, & Muthoifin. (2024). Tinjauan Etika Bisnis Islam Pada Praktik Bisnis Multi Level Marketing Tiens Syariah. 7(1), 395–403. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i1.866.Review
Arifin, M. (2022). Pemasaran syariah dalam perspektif hadits dan aplikasinya pada perbankan syariah. Jurnal Pemikiran Perbankan Syari'ah, 5(2), 83-97. https://doi.org/10.51476/madanisyariah.v5i2.382
Burhanudin, J. (2023). Tinjauan etika bisnis islam pada penetapan upah jasa angkut barang di terminal. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 115-120. https://doi.org/10.29313/jrps.v2i2.2902
Dea, L., & Widigdo, M. S. A. (2020). Tinjauan etika bisnis islam pada praktik bisnis multi level marketing Tiens Syariah di Yogyakarta. 6.
FITRIYANI, A. (2023). Implementasi aksioma etika bisnis islam (studi kasus PT. Arminareka Perdana cabang Yogyakarta). Lariba, 4(2), 1-15. https://doi.org/10.53649/lariba.v4i2.268
Hafiza, S., & Mawarpury, M. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. 5, 59–66. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956
Hakim. (2023). Analisis pengaruh word of mouth, kualitas produk, dan etika bisnis islam terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, 3(2), 92-104. https://doi.org/10.18326/jiem.v3i2.92-104
Hidayati, S., & Syuhada', S. (2022). Pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap tingkat transaksi jual beli di pasar tradisional. Adilla Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah, 5(1), 20-38. https://doi.org/10.52166/adilla.v5i1.2889
Julvianita, J. (2023). Analisis etika bisnis islam dalam penjualan daging sapi studi kasus implementasi prinsip-prinsip islam. Jurnal Asy-Syarikah Jurnal Lembaga Keuangan Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 115-122. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v5i2.2012
Laili, R. R., & Canggih, C. (2021). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan label halal terhadap kepuasan konsumen produk body lotion Citra (studi kasus mahasiswa Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6), 743. https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp743-756
Mashudi, M. (2018). Perilaku dan budaya konsumen madura dalam dinamika etika bisnis syariah. Al-Insyiroh Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 133-149. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3326
Melania, F., & Ridlwan, A. (2022). Pengaruh penerapan etika pemasaran islami terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan produk Chiztikk Surabaya). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 43-56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069
Mirza, M. (2020). Prinsip-prinsip good corporate governance dan business ethic pada PT Unilever. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 261-271. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i3.107
Maulana, M. V., & Faraby, M. E. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Sapi di Pasar Rojokoyo Kediri. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 6(3), 129–143.
Nisak, C. (2023). Etika bisnis perspektif etika bisnis syariah. ECONIS, 1(2), 107-118. https://doi.org/10.61994/econis.v1i2.204
Nursyamsiah, & Nopianti. (2021). Pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada usaha Rofi Collection Ciamis. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(1), 20. https://doi.org/10.53566/jer.v1i1.20
Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan model marketing dari mulut ke mulut dalam era digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589
Prayoga, T. (2023). Potensi sistem hukum ekonomi syariah dalam pencegahan korupsi wujudkan integritas sektor ekonomi. Al-Aqdu Journal of Islamic Economics Law, 3(2), 135. https://doi.org/10.30984/ajiel.v3i2.2850
Puspitasari, L. (2016). Etika bisnis islam: teori dan aplikasi pada perusahaan manufaktur. El Muhasaba Jurnal Akuntansi (E-Journal), 7(2), 113. https://doi.org/10.18860/em.v7i2.3884
Rahmawati, D. A., & Faraby, M. E. (2023). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG MUSLIM PADA DESTINASI WISATA PANTAI LOMBANG. Jurnal Industri Pariwisata, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1426
Downloads
Published
Versions
- 09-05-2025 (3)
- 29-04-2025 (2)
- 29-04-2025 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.