PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA UMKM DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR
Keywords:
Ethics, Islamic Business, MSME Performance, Competitive AdvantageAbstract
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Di berbagai negara, termasuk Indonesia, UMKM memberikan kontribusi terbesar terhadap penyerapan tenaga kerja dan Produk Domestik Bruto (PDB). Seiring dengan perkembangan UMKM, masih terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Permasalahan tersebut disebabkan oleh keterbatasan modal kerja, kualitas dan daya saing produk, rendahnya keterampilan sumber daya manusia, serta kurangnya manajemen ilmiah dan teknis dalam proses produksi dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara penerapan etika bisnis Islam terhadap kinerja UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga diperoleh 69 responden pelaku UMKM di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Berdasarkan pengolahan dan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Etika Bisnis Islam terhadap Keunggulan Bersaing dengan nilai koefisien jalur (0,814) dan p-value (0,000 < 0,05). Selain itu, terdapat pengaruh signifikan antara variabel etika bisnis Islam terhadap kinerja UMKM dengan nilai koefisien jalur (0,341) dan p-value (0,033 < 0,05). Keunggulan bersaing juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM dengan nilai koefisien jalur (0,368) dan p-value (0,030 < 0,05). Keunggulan bersaing berperan sebagai mediasi dalam pengaruh etika bisnis Islam terhadap kinerja UMKM dengan nilai koefisien jalur (0,300) dan p-value (0,035 < 0,05).
References
Agus Arijanto, 2012. Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis, 1st ed. Jakarta: Rajawali Pers.
Akhmad Fauzi, 2020. Manajemen Kinerja, Surabaya: Airlangga University Press
Akhriandi, 2017. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran?, jurnal ekonomi
Arasy Alimudin, 2019. “Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM”, EkoNiKa Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. 4 (1)
Departemen Agama Republik Indonesia, 2010. Al-Qur?an dan Terjemahan, Jakarta: Jabal
Endang Dhamayantie, Rizky Fauzan, 2017. “Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja UMKM”, Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. 11 (1).
Hamzah B Uno, SE Nina Lamatenggo, 2022. Teori kinerja dan pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.
https://kemenkopukm.go.id/data-umkm Diakses pada 27 September 2023 pkl. 09:39 wib.
https://www.tapteng.go.id/artikel.html?id=Pemerintah_Kabupaten_Tapanuli_Tengah_Berikan_Bantuan_Peralatan_Bagi_440_UKM, (Diakses pada tanggal 7 Agustus 2023. PKL 21:26 WIB).
Heru Nugroho, 2016. Competitive Advantage Model Porter, Bandung: Insani Grup.
Michael Porter, 1985. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance, The Free Press di Amerika Serikat.
M. Quraish Shihab, 2002. “Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an”, vol. 12. Jakarta: Lentera Hati.
Riana, I. R., & Nafiati, L. 2021. Pengaruh Persepsi Etika Bisnis Islam, Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Penjualan Umkm Kota Yogyakarta. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah Dan Audit, 8(1).
Rizki Afri Mulia, 2021. Manajemen sumber daya manusia: teori dan aplikasi dalam peningkatan kinerja, Jakarta: CV. Eureka Media Aksara.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.” https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang, (Diakses 28 Agustus 2023 PKL 19:17 WIB).
Yani Restiani Widjadja, 2018. “Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang”, Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (3).
Downloads
Published
Versions
- 09-05-2025 (2)
- 08-05-2025 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.