Pengaruh Brand Image Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Kota Banjarmasin Pada Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Zaki Mubarak Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6076

Keywords:

Brand Image, Pengetahuan, Religiusitas, Minat Menabung

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendah nya minat masyarakat Indonesia terhadap penggunaan bank syariah .tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand Image dan pengetahuan terhadap minat menabung pada bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif data didapatkan melalui kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel nya yaitu nonprobability sampling sedangkan Jenis individu yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah, dan untuk variabel moderasi religiusitas tidak memoderasi pengaruh brand image terhadap minat menabung di bank syariah tetapi mampu memoderasi pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung di bank syariah.

Author Biography

Zaki Mubarak, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

References

zima, M. F., & Farida, L. (2016). Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Minat Nasabah Asuransi Syariah ( Kasus Asuransi Syariah PT. Asuransi Takaful Keluarga Pekanbaru). JOM FISIP, 3(2), 1–10. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/10906

Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. Balance Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485–495. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Hidayatullah, M. S. (2017). Perbankan Syariah Pengenalan Fundamental dan Pengembangan Kontemporer (Cetakan I). Cv Dreamedia.

Inayah, N., & Sudiarti, S. (2017). Analisis Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di PT. BPRS Puduarta Insani). At-Tawassuth, 2(1), 191–214. https://doi.org/10.30821/ajei.v2i1.780

Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1261–1272. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/10246/10012

Lestari, A. (2021). Pengaruh E-Word Of Mouth, Brand Image Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Bandungan). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2),79–87. https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487

Nurbaiti, Supaino, & Diena Fadhilah. (2020). Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren di Bank Syariah. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi Halal), 1(2), 31–37, diakses September, 11, 2021. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/download/193/95/

OJK. (2021). Snapshot Perbankan Syariah September 2021. Www.Ojk.Go.Id, 6.

Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hashiolan, )Leonardo B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung Di Event-Event Kampus). Proceedings - IEEE International Conference on Multimedia and Expo, 3(3), 529–534.

Raihana, S., & Aulia, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 110. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8643

Rohmaniah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Lokasi dan Brand Image terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. In Skripsi. IAIN Salatiga.

Rokhani, S., & Nurkhin, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Karakteristik Bank Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 221–229. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50651

Sudarman, L., Jejen, L., & Husriah. (2022). Peran Religiuitas dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Indonesia dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26905/jbm.v9i1.6792

Syafril. (2020). Bank & Lembaga Keuangan Modern Lainnya (Edisi I). Kencana.

Utami, W., Sangen, M., & Rachman, M. Y. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.20527/jwm.v3i1.158

Widiawati, H. S. (2020). Pengaruh Brand Image Produk Syariah Dan Religius Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariahdi Kota Kediri. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 64. https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i1.1523

Zulianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Brand Image Terhadap Minat Memilih Produk Tabungan Mudharabah pada Koperasi Syariah BTM Dinar Nasyiah 2 Sumberrejo. ATTANWIR Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(2), 17–34. https://doi.org//10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.20

Downloads

Published

31-10-2022

How to Cite

Mubarak, Z. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Kota Banjarmasin Pada Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2875–2881. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6076

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.