Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah

Authors

  • Abdul Haris Romdhoni Program Studi Ekonomi Syariah, STIE AAS Surakarta, Indonesia
  • Dita Ratna sari Program Studi Ekonomi Syariah, STIE AAS Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Keywords:

customer interest in saving, knowledge, service quality, product, and religiosity.

Abstract

This study aims to examine the influence of knowledge, service quality, product, and religiosity on customers' interest in using savings products at BMT Amanah Ummah Gumpang Kartasura, Sukoharjo. In this study for independent variables are knowledge, service quality, product, and religiosity, while for the dependent variable in this study is the interest of customers using deposit products. This study uses a sample of 100 people with sampling using a random sampling method. This study uses quantitative methods and primary data using a questionnaire that must be answered by the respondent. Data analysis in this study used Multiple Linear Regression. The results of this study can be concluded based on the t test, the variables of knowledge and religiosity have an influence on the interest of customers using savings products. While service and product quality variables do not have an influence on customer interest by using deposit products. Based on the F test shows that the knowledge, quality of service, products, and religiosity simultaneously influence the interest of customers to use savings products at BMT Amanah Ummah Gumpang Kartasura, Sukoharjo.

References

Algifari. 2013. Analisis Regresi Teori,Kasus dan Solusi.Yogyakarta: BPFE.

Al Arif, M. Nur Rianto. 2012. Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoritis Praktis. Cetakan I. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ancok, Djamaludin dan Fuat Nashori Suroso. 2011. Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi, Cetakan VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Ansori, Abdul.G. 2007. Perbankan Syariah Di Indonesia. Yogyakarta: Ugm Press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Septin P. 2014. Modul Praktikum Statistik. Surakarta: Iain Surakarta.

Diana, Susanti Mei. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Umat Sejahtera Kalijambe. Skripsi. IAIN Surakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm

Spss19, (Ed.Ke-5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ilmi, Makhalul. 2002. Teori dan Praktik Lembaga Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Imran, dan Hendrawan, Bambang. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Business Administration Vol 1. No 2. e-ISSN:2548-9909. September 2017: 63-72.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. (Ed.Ke12). Jakarta: Prenhallindo.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat Dan Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, Edwin. 2017. Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan). Skripsi: Universitas UIN Syarif Hidayatullah.

Purwanto. 2007. Statistik Untuk Keuangan Ekonomi Dan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, Ika Wahyu. 2017. Pengaruh Faktor Marketing Mix (Produk, Harga, Saluran Distribusi, Promosi) Dan Faktor Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Lembaga Keuangan Mikro Syariah. (Studi Kasus Pada BMT Bina Ihsanul Fikri Cabang Bugisan). Skripsi: IAIN Surakarta.

Sangadji, Etta M dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Santoso, singgih. 2001.SPPS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab, Muhbib Abdul. 2005. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukron. 2012. Faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di BNI Syariah. Skripsi: IAIN Walisongo.

Tjiptono, Fandi. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Uyun, Khoirul. 2012. Pengaruh produk syariah dan bauran promosi terhadap keputusan nasabah menabung di BNI Syariah cabang Semarang. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang. Tidak dipublikasikan.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 pasal 1 tentang Perkoperasian

Peraturan Menteri koperasi dan usaha kecil menengah RI Nomor 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi.

Downloads

Published

31-07-2018

How to Cite

Romdhoni, A. H., & sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136–147. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>