PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ISLAMI DAN RELIGIUSTITAS TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Frans Sudirjo, Aslichah Aslichah, Mila Diana Sari, Muhammadong Muhammadong, Achiruddin Siregar

Abstract


Perbankan syariah atau biasa di kenal dengan bank syariah menjalankan kegiatan usaha yang berdasarkan prinsip dan hukum Islam. Penelitian ini menguji pengaruh kualitas pelayanan Islami dan religiustitas terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner yang diperoleh sebanyak 210 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Islami dan religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dan kepuasan sebagai variable moderasi mampu memoderasi kualitas pelayanan Islami dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci: Loyalitas Nasabah, Kualitas Pelayanan Islami, Religiusitas, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Christanto, Y. M., & Santoso, S. (2022). The influence of service quality, corporate image, and customer satisfaction on customer loyalty in banking sector in Yogyakarta. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(7), 09–16. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i7.2025

Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Hadi, S. (2017). The effect of service quality, customer satisfaction and corporate image on customer loyalty in the banking sector in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR- JBM), 19(11), 46–51. https://doi.org/10.9790/487X-1911064651

Darmawangsa, A. ., & Sri Ardani, I. (2015). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 255354.

Deshpande, S. (2013). A Cognitive Model Of Antecedentd and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Djajanto, L., Nimran, U., Kumadji, S., & Kertahadi, K. (2014). The Effect of Self-Service Technology, Service Quality, and Relationship Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty. IOSR Journal of Business and Management, 16(1), 39–50. https://doi.org/10.9790/487x-16163950

Eid, R. (2015). Integrating Muslim Customer Perceived Value, Satisfaction, Loyalty and Retention in the Tourism Industry: An empirical study. International Journal of Tourism Research, 17(3), 249–260. https://doi.org/10.1002/jtr.1982

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program (IBM. SPSS). Universitas Diponegoro.

Khotimah, N. (2018). Engaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah MandirI (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik. Jmm17, 5(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v5i01.1712

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212

Novitasari, D., Asbari, M., & Sasono, I. (2021). Analisis Pengaruh Religiusitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Kerja: Studi Kasus pada Karyawan Industri Manufaktur. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 117–130. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.268

Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing, 34(5), 606–622. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2015-0030

Perdana, R. W., & Fahrullah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Bukopin Kcp Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 188–187. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p188-187

Rosyidah, N., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Self-Service Technology Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’S Di Surabaya). Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 14–27. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.31448

Sahputra, J., & Harahap, R. A. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–10.

Setiawan F, H. A. (2019). Pengaruh Persepsi Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kota Cirebon Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–23.

Tamaruddin, Firdaus, A., & Endri. (2020). Customer Satisfaction Mediates the Effect of Self Service Technology on Customer Loyalty in of Islamic Bank E-Banking Services in Indonesia. Iltizam Journal of Shariah Economic ResearchEconomic Research, 5(2), 1–15.

Warsito, W. S. (2018). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sedaya Cabang Dago Bandung. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 225–232. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4350

Wibisono, A., & Syahril. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 6(2), 32. https://doi.org/10.24929/feb.v6i2.268




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.