THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSEMENT AND BRAND TRUST ON CONSUMER PURCHASING DECISIONS WITH CUSTOMER SATISFICATION AS A MODERATION VARIABLE

Frans Sudirjo, Tono Wartono, Eva Desembrianita, Nuraini Nuraini, Muhammad Fikri Maulana

Abstract


Abstract
Beberapa faktor yang dapat mempegaruhi Customer Pruchasing Decisions adlah faktor promosi dan kepercayan terhadap produk. Faktor promos dapat ditempuh dengan berbagai maca cara, salah satunya melalui endors oleh selebriti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh Celebrity Endorsment dan Brand Trust terhadap Consumer Pruchasing Decision. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian eksplanatori yang mendasarkan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Berbeda dengan penelitian-penelitan sebelumnya, penelitian ini menambahkan variabel Consumer Satisfication yang peneliti yakini dapat memoderasi variabel Celebrity Endorsment dan Brand Trust terhadap Consumer Pruchassing Decision. Hasil penelitian menunjukkan variabel Celebrity Endorsment dan Brand Trust berpengaruh secara positf dan signifikan terhadap variabel Consumerr Pruchasing Decision. Variabel Customer Satisfication juga dapat memoderasi variabel Celbrity Endorsment dan Brnad Trust terhadap Consumer Pruchasing Decision.

Keywords : Celebrity Endorsment, Brand Trust, Consumer Satsfication, Consumer Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References


REFERENCE

Adrian, J.A., & Zeplin, J. H. T. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Ter. AGORA Jurnal Bisnis, 5, No: 3, 3–4.

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. Https://Doi.Org/10.30829/Komunikologi.V5i1.9272

Anggraeni. (2017). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Wardah). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1(1), 303–312.

Firmansyah, D., Safrina, E., & Diah, M. (2023). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Analisis Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 5, 885–889. Https://Doi.Org/10.37034/Infeb.V5i3.674

Hair. (2010). Multivariate Data Analysis, Seventh Editions. New Jersey.

Hanif, J. A. F. M. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembeliandengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Skincare Ms Glow Di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Publikasi Ilmiah, 1(1), 1–18.

Jonathan Sarwono. (2016). Meode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Graha Ilmu.

Juliana, J., & Johan, J. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Dalam Memilih Universitas. Journal Of Business And Banking, 9(2), 229. Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V9i2.1978

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, And Managing Customer-Based Brand Equity. Journal Of Marketing, 57(1), 1–22.

Nathaniel, S., Wijaya, C., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2020). 358520-Pengaruh-Celebrity-Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian. 8(2).

Norawati, S. (2021). Analysis Of Product Variation, Quality Of Service And Their Effect On Customer Satisfaction. International Journal Of Entrepreneurship And Business Development, 4(6), 954–960.

Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar Ni Made Rahayu Wulandari 1 Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pendahuluan Pertumbuhan Dan Perubahan Ekonomi Se. 4(11), 3909–3935.

Pratiwi, R., & Setyaky, R. R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Persepsi Nilai Sebagai Moderasi. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 58. Https://Doi.Org/10.25273/Capital.V5i1.10307

Rahmani, R. G., & Bursan, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10, 51–60. Https://Doi.Org/10.23960/Jbm.V18i0.408

Rinaldi, R., Zulher, Z., & Diantara, L. (2022). The Influence Of Brand Trust And Prices On Prendjak Tea Bag Purchase Decision (Case Study Of Liza Department Store Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(2), 185–192. Https://Doi.Org/10.55768/Jrmi.V4i2.130

Sarstedt, M., M. Ringle, C., Smith, D., Reams, R., & Hair Jr, J. F. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): A Useful Tool For Family Business Researchers. Journal Of Family Business Strategy, 5(1), 105–115.

Shimp, T. (2011). Shimp, TA. (2011). Promosi Periklanand An Aspek Lain Dari Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. Kanada: Nelson Education. Ltd. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com