Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Brand Image , Desain Produk Dan Celebrity Endorser (Studi Kasus Penggunaan ERIGO di Surakarta)

Authors

  • Ririn Winarsih Fakultas Ekonomi Manajemen UNIBA Surakarta, Indonesia
  • Sudarwati Sudarwati Fakultas Ekonomi Manajemen UNIBA Surakarta, Indonesia
  • Raisa Aribatul Hamidah Fakultas Ekonomi Manajemen UNIBA Surakarta, Indonesia
  • Octaviani Gita Putri Fakultas Ekonomi Manajemen UNIBA Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4620

Abstract

The research was conducted to analyze the effect of brand image , product design and celebrity endorser on purchasing decisions of Erigo users in Surakarta . using quantitative research. This research uses primary data sources and sampling technique with purposive sampling technique. Data was collected by distributing questionnaires to Erigo users in Surakarta. The population in this study is infinite . The sample of this research is 100 people . Data analysis used classical assumptions and multiple linear regression. For the results of the research, brand image, product design and celebrity endorser together have a positive and significant effect on purchasing decisions of Erigo users in Surakarta. . Keywords: Purchase decision, brand image, product design and celebrity endorser Abstrak Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh brand image , desain produkk dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pengguna Erigo di Surakarta . menggunakan penelitian kuantitatif . Penelitian ini menggunakan sumber data primer serta teknik pengambilan sampel dengan teknik Sampling Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna Erigo di Surakarta . Populasi dalam penelitian ini berjumlah tak terhingga . Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang . Analisis data yang digunakan asumsi klasik serta regresi linier berganda . Untuk hasil penelitian brand image , desain produk dan celebrity endorser secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna Erigo di Surakarta. . Kata kunci : Keputusan pembelian , brand image , desain produk dan celebrity endorser

References

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Fikri, M. Z., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “Kedai Yatim.†Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.30997/jsei.v4i1.1066

Kolter, P., & kevin lane, K. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Prentiene-hall Published.

Nitisusanto, M. (2013). perilaku konsumen dalam prespektif kewirausahaan. Alfabeta.

Prof. Dr Sugiono. (2019). metodo penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (ke 2). Alfabeta.

Terence, A. S., & Andrews, J. C. (2013). Advertising Promotion and Other Aspects of Intergrated Marketing Communications (9th ed.). Nelson Eduction,Ltd.

Efendi, T. F., & Muliasari, D. (2021). Analisa Sistem Pembiayan Umum Koperasi Mitra Dhuafa Syariah Terhadap Perekonomian Anggota. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1889–1894. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/3694

Sumadi, Feri Efendi, T., Agustini, T., & Aslama, S. (2021). Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1774–1784. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Fikri, M. Z., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “Kedai Yatim.†Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 22–32.

Miati , iis(2020). Pengaruh citra merk (brand image) terhadap keputusan pembelian kerudung Deenay (studi kasus pada konsumen Gea Fashion Banjar).Jurnal Abiwara Vol. 1 No 2

Ansah , A. (2017). Analisis pengaruh desain produk , motivasi konsumen , dan citra merk terhadap keputusan pembelian Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal nasional volume 1 no 02.

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Kolter, P., & kevin lane, K. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Prentiene-hall Published.

Nitisusanto, M. (2013). perilaku konsumen dalam prespektif kewirausahaan. Alfabeta.

Terence, A. S., & Andrews, J. C. (2013). Advertising Promotion and Other Aspects of Intergrated Marketing Communications (9th ed.). Nelson Eduction,Ltd.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Winarsih, R., Sudarwati, S., Hamidah, R. A., & Putri, O. G. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Brand Image , Desain Produk Dan Celebrity Endorser (Studi Kasus Penggunaan ERIGO di Surakarta). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 499–506. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4620

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>