ANALISIS LEGALITAS DAN PEMASARAN UMKM “PIA NURIS” DALAM PERSPEKTIF STUDI KELAYAKAN BISNIS SYARIAH

Authors

  • Delvi Nur Cahyaning Putri Ekonomi Syariah, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Abdur Rohman Ekonomi Syariah, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Legalitas dan Pemasaran UMKM “PIA NURIS†dalam perspektif studi kelayakan bisnis syariah. Penelitian ini diuraikan tentang upaya pengembangan yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Nurul islam Jl. Merapi Kecamatan Kademangan Kota probolinggo. Dalam melakukan pengembangan aspek ekonomi yayasan ini mempunyai suatu Bisnis usaha berbasis syariah yang dikembangkan oleh pihak internal dengan mengoptimalkan sumderdaya manusia yang ada. Motivasi pesantren juga didasari atas program tingkat Jawa Timur yang disebut One Pesantren One Product (OPOP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan (1) Dalam aspek legalitas ‘bisnis “Pia Nuris†telah mempunyai legalitas usaha dan aspek perizinan yang cukup baik dan layak untuk dijadikan dasar pembuatan bisnis. Hal ini dikarenakan legalitas usaha dan aspek perizinan yang dimiliki cukup lengkap seperti; Surat Izin RT/RW, surat persetujuan masyarakat setempat, Surat Iizn Usaha Perdagangan (SIUP), NIB (Nomor Induk Berusaha, Merek Produk, Label Halal. (2) dalam aspek pemasaran menunjukkan bahwa bisnis “Pia Nuris†mempunyai prospek yang cukup bagus, hal ini dapat dilihat dari permintaan pesanan yang terus meningkat. Penetapan segmentasi dan tarhet yang dilakukan sangat sesuai dengan kombinasi strategi pemasaran yang cukup mendukung. Kata Kunci: Aspek Legalitas, Aspek Pemasaran, Studi Kelayakan Bisnis, Bisnis Syariah, dan Kuliner.

References

Abdur Rohman, Halimatus Sakdiyah, “Strategi Bisnis Cafe Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Ditinjau Perspektif Syariah Marketing Mix (Studi pada Cafe Sekitar Universitas Trunojoyo Madura)†Jurnal Kaffa Vol. 1, No. 4 (Desember 2022).

Abdur Rohman, (2015),“Pengantar Studi Kelayakan Bisnis†Surabaya, Pustaka Radja.

Ahmad, Sulton Baihaqi, and Abdur Rohman. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Produk Tanaman Hias Ditinjau Dari Perpektif Ekonomi Islam.†Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 4, no. 3 (2023): 824–31. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2684.

Andari Wijaya, Gisella, “Analsisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Café di Kota Malang; Studi Kasus pada Vosco Coffe Malang,†Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 5, Nomor 2 (2017).

Fawa‟id, Muhammad Wildan. “Pesantren Dan Ekosistem Halal Value Chain.†Jurnal At- Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah 4, no. 2 (2022).

Fitriani, Rini "Aspek hukum legalitas perusahaan atau badan usaha dalam kegiatan bisnis."

Jurnal Hukum Samudra Keadilan 12.1 (2017).

Hidayat fahrul, Dkk. Strategi Pengembangan Ekonomi Pesantren Dalam Membudayakan Kewirausahaan Santri Dan Alumni Studi Pada Program Opop (One Pesantren One Product) Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan Tahun 2021, 2023.

Kasidi, “Posisi Tawar Ukm/Umkm Dalam Era Ekonomi Digital,†Jurnal Pawiyatan IKIP Veteran Semarang, Volume 2, Nomor 1 (2018).

Muhammad Ersya Faraby, Ahmad Makhtum. “SERTIFIKASI HALAL UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENEGAH DIKABUPATEN BANGKALAN.†Jurnal

Magister Hukum Ekonomi Syariah 5, No.1 (2021).

Muhyiddin, Dandy Sobron, Nurwadjah Ahmad, Andewi Suhartini, Hisam Ahyani, and Naeli Mutmainah. “Community Economic Empowerment Through the „One Pesantren One Product‟ Program at Pagelaran III Islamic Boarding School, Subang, Indonesia.†Journal of Islamic Economics Lariba 8 (2022): https://doi.org/10.20885/jielariba.vol8.iss1.art7.

Merin Nurlita F.D, Luluk Hanifah, Farid Ardyansyah, “Analisis Studi Kelayakan Pantai Biru Sebagai Destinasi Wisata Halal Di Kabupaten Bangkalanâ€, Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, Volume 5, Nomor 2 (2022).

Ridzal, N. A., Malik, E., Sujana, I. W., & Octaviani, V. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Buton Selatan. Owner, 7(4), 3730–3740. https://doi.org/10.33395/owner.v7i4.1952.

Sappeami, Sappeami, Dzulkifli Dzulkifli, and Umi Umi. “Peran Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pada Pembiayaan Murabahah.†Ekobis Syariah 5, no. 1 (2021): https://doi.org/10.22373/ekobis.v5i1.10326.

Saputro, A., Wardani, P. A. K., & Ramadani, K. D. (2022). Hebitren dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren di Soloraya. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(2), 316–333. https://doi.org/10.22515/literasi.v2i2.5424

Supriyadi, Endang Irawan, and Dianing Banyu Asih. “Regulasi Kebijakan Produk Makanan Halal Di Indonesia.†Jurnal RASI 2, no. 1 (2021): https://doi.org/10.52496/rasi.v2i1.

Setiawan, Wawan Lulus. “Program One Pesantren One Product Dapat Menjadi Pendekatan Akselerasi Bisnis Di Pesantren Pada Masa Pandemi COVID-19.†Jurnal Abdimas E- Coops-Day1, no.2 (2020):. http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/830

Sholihah, A. R. (2022). Implementasi program opop dalam pengembangan inovasi produk pia nuris di kota probolinggo selama masa pandemi covid-19 skripsi. Skripsi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 35.

Wijaya, Gisella Andari, “Analsisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Café di Kota Malang; Studi Kasus pada Vosco Coffe Malang,†Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 5, Nomor 2 (2017),

Widjaya, Pieter Gunawan. "Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT. Murni Jaya." Agora 5.1 (2017).

Yuliaty, T., Sarah, S. C., & Akbar, R. M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. Journal Management, 19(3), 2020.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Putri, D. N. C., & Rohman, A. (2023). ANALISIS LEGALITAS DAN PEMASARAN UMKM “PIA NURIS” DALAM PERSPEKTIF STUDI KELAYAKAN BISNIS SYARIAH. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11608

Issue

Section

Articles

Citation Check