PENGARUH KESADARAN MEREK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN KEDAI KOPI AZHAR)

Penulis

  • Edi Purwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wijaya Mulya Surakarta, Indonesia
  • Rum Marhaki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wijaya Mulya Surakarta, Indonesia
  • Santosa Tri Prabawa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wijaya Mulya Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7780

Abstrak

The development of lifestyle patterns and business competition today, especially in the coffee sector, has encouraged researchers to conduct research that aims to determine the effect of brand awareness, price, and location on coffee purchasing decisions at the Azhar Delanggu Coffee shop. The population in this study were 150 people who had consumed products from the Azhar Coffee shop. Using a simple random sampling method with a sample size of 60 respondents. Methods of collecting data using questionnaires and data processing using multiple regression analysis assisted by the SPSS 25 program. The results of the study conclude that brand awareness and price affect purchasing decisions, while location has no effect on purchasing decisions. Keywords : Brand awareness, price, location, purchasing decisions.

Referensi

Albriyan. Wahyuati, A. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Athoillah A. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung. Pustaka Setia

Febrian, S.M. 2018. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara. Sumatra. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Ningrum, A.S. dan Suryoko, S. 2018. Pengaruh Harga, Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Peacockoffie Semarang. Jurnal Sosial dan Politik. Universitas Diponegoro.

Rofiq, A. dan Hufrom, M. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Powernoise Store. e- Jurnal Riset Manajemen, Fakultas Ekonomi Unisma.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Sanusi, A. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta, Salemba Empat.

Senggetang, V., Mandey, S.L., Moniharapon, S., 2019, Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanau Emerald City Manado. Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi.

Sunyoto, D. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta, CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Wijayanto, D. 2013. Pengantar manajemen. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka utama.

Yudapatty, S., Sutopo, H. dan Bramastyo, R.M. 2021. Pengaruh Lokasi, Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Admiral Navy Coffe Café di Surabaya. Jurnal Penelitian. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Diterbitkan

2023-02-03

Cara Mengutip

Purwanto, E., Marhaki, R., & Prabawa, S. T. (2023). PENGARUH KESADARAN MEREK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN KEDAI KOPI AZHAR). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7780

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama