KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI HARGA, CITA RASA, DAN WORD OF MOUTH (STUDI KASUS PADA PEANGGAN BUBUR BAKAR BADRAN DI NUSUKAN BANJARSARI)

Penulis

  • Della Septiyandini Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Ida Aryati Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Istiqomah Istiqomah Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9476

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan ditinjau dari harga, cita rasa, dan word of mouth (studi kasus pada pelanggan bubur bakar badran di Nusukan, Banjarsari). Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, populasinya adalah pelanggan bubur bakar badran di nusukan banjarsari yang telah melakukan pembelian minimal 2 kali dan diambil jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reabilitas, analisis linier berganda, uji t, uji f, koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa Harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Cita rasa berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Word of Mouth berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,598. Hal ini berarti 59,8% variasi variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel harga, cita rasa dan word of mouth sedangkan sisanya 40,2%, diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian. Kata Kunci : Harga, Cita Rasa, word of Mouth, Kepuasan Pelanggan

Referensi

Ariyanti, W. P., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. PUBLIK : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, IX(1), 85-94.

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80-105.

Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research, 4(6), 25-37.

Izzuddin, A., & Muhsin, n. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72-78.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Shopee (Toko Online) di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.

Justitie, D., Suddin, A., & Widajanti, E. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Waffelio Franchise Di Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(Khusus Sept), 234-253.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016). “Marketing Management, 15th Editionâ€. Pearson Education Limited. New Jersey

Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34-44.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 49-64.

Mutiara, S., & Hamid, R. S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi, Harga, dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1), 411-427.

Retnowati, E., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2021). Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kualitas Produksi dan Harga. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(2), 1381-1389.

Sallam, M. A. (2016). An Investigation of Corporate Image Effect on WOM: The Role of Customer Satisfaction and Trust. International Journal of Business Administration, 7(3), 27-35.

Sampurna, H. J., & Tasrif, A. (2019). Pengruh Kualitas pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada SB Mart Cabang Cijambe Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 53-63.

Siregar, A. H., Susana, Ritonga, Z., Hasibuan, D., & Elvina. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Mbak Siti. Journal Economy And Currency Study (JECS), 3(1), 22-33.

Siregar, A. P., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re.Juve. Management Studies and Enterpreneurship Journal, 3(5), 2657-2665.

Soraya, N. C. T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya. Jurnal penelitian ilmu Manajemen, 5(3).

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. (2017). Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh Kualita Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermart. Management Insight : Jurnal Ilmiah Managemen, 17(2), 177-186.

Wulandari, S., & Susanto. (2020). Keberhasilan Mempertahankan Warung Mbah San. Majalah Ilmiah Solusi, 18(1), 1-150.

Diterbitkan

2023-06-17

Cara Mengutip

Septiyandini, D., Aryati, I., & Istiqomah, I. (2023). KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI HARGA, CITA RASA, DAN WORD OF MOUTH (STUDI KASUS PADA PEANGGAN BUBUR BAKAR BADRAN DI NUSUKAN BANJARSARI). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9476

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>