Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Mengunjungi Objek Wisata Halal Di Kota Lhokseumawe

juan fikri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis pengaruh Generasi Z dalam mengunjungi objek wisata halal di Desa Rancong Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 70 responden generasi Z. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan bantuan program aplikasi atau SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi tidak berpengaruh yang siginifikan terhadap keputusan wisatawan dengan Hasil output Path Coefficient menunjukkan bahwa nilai t hitung konstruk 1,997 yaitu 1.703 Artinya H_a ditolak H_0 diterima, Promosi tidak berpengaruh yang siginifikan terhadap keputusan wisatawan dengan Hasil output Path Coefficient menunjukkan bahwa nilai t hitung konstruk 1,997 yaitu 0.821 Artinya H_a ditolak H_0 diterima, Fasilitas tidak berpengaruh yang siginifikan terhadap keputusan wisatawan dengan Hasil output Path Coefficient menunjukkan bahwa nilai t hitung konstruk 1,997 yaitu 0.666 Artinya H_a ditolak H_0 diterima, Aksesibilitas berpengaruh yang siginifikan terhadap keputusan wisatawan dengan Hasil output Path Coefficient menunjukkan bahwa nilai t hitung konstruk 1,997 yaitu 4.746 Artinya H_a diterima H_0 ditolak, Keamanan tidak berpengaruh yang siginifikan terhadap keputusan wisatawan dengan Hasil output Path Coefficient menunjukkan bahwa nilai t hitung konstruk 1,997 yaitu 2.050 Artinya H_a diterima H_0 ditolak

Keywords

Halal Destinations, Traveler Decision,Halal Tourism

Full Text:

PDF

References

Camelia, A. and Begawati, N. (2020) ‘Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Pantai Gandoriah Di Kota Pariaman’, Jurnal Matua, Vol. 2(1), pp. 31–50.

Cupian, Rahmadita, A. and Noven, S.A. (2021) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Mengunjungi Wisata Halal Sumatra Barat (Studi Kasus Wisatawan Muslim Milenial Indonesia)’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), pp. 1318–1326. Available at: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie.

Danny, M. (2018) ‘Sistem Informasi Geografi Pariwisata Kabupaten Karanganyar Berbasis Android’, Jurnal SIGMA, 8(1), pp. 33–42.

Fransisca, Y. and Kurniawan Purnomo, A. (2019) ‘Factors affecting the purchasing decision of the Millennial Muslim Generation: A review of personality destination, brand attractiveness, and brand awareness’, Mbia, 18(2), pp. 1–20.

Ghozali (2018) ‘Analisis Indirect Effect pada Structural Equation Modeling’, Nucleus, 1(2), pp. 50–57. doi:10.37010/nuc.v1i2.160.

Global Muslim Travel Index (2018) ‘Global Muslim Travel Index 2018’, Mastercard-Crescentrating, (April), pp. 1–60.

Global Muslim Travel Index (2023) ‘Global Muslim Travel Index 2023’, Mastercard [Preprint], (June).

Junensih, S.A. and Ratnawili (2021) ‘Pengaruh Fasilitas Wisata, Harga dan Keamanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Suban Air Panas Curup’, Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 2(2), pp. 138–145.

Kemenparekraf (2020) Statitsik Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020, Www.Kemenparekraf.Go.Id. Available at: https://kemenparekraf.go.id/statistik-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif/statitsik-industri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-2020.

Lebu, C.F.K., Mandey, S.L. and Wenas, R.S. (2019) ‘Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow’, Jurnal EMBA, 7(4), pp. 5505–5513.

Mulyantari, E. (2021) ‘Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis’, Media Wisata, 18(1), pp. 81–89. doi:10.36276/mws.v18i1.79.

Priyanto, A. and Zufriadi (2021) ‘Pengaruh Lokasi, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan wisatwaan Lokal Untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Kerasak Des Pasir Putih Toboali’, Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertiba Pangkal pinang, 7(1), pp. 127–137.

rheza syahrul, A. (2018) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran, Psikologis Pengunjung, Pelayanan, Fasilitas, Keamanan, Sosial Dan Nilai Budaya Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Di Kota Padang’, Economica, 6(2), pp. 176–191. doi:10.22202/economica.2018.v6.i2.2606.

Rokhayah, E.G. and Ana Noor Andriana (2021) ‘Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara’, Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 2(1), pp. 10–18. doi:10.53356/diparojs.v2i1.43.

Sari, F. and Suyuthie, H. (2020) ‘Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Green House Lezatta Kabupaten Agam’, Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2), pp. 72–76. doi:10.24036/jkpbp.v1i2.6772.

Warmayana, I.G.A.K. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0’, Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), p. 81. doi:10.25078/pba.v3i2.649.

Wartonah, T. (2010) ‘Keputusan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan’, 4(1), pp. 88–100.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.