Minat Pedagang Menggunakan Kios Pasca Revitalisasi Pasar Lakessi Kota Parepare (Analisis Maslahah)

Authors

  • Nurul Qisti Al Ihfa Institut Agama Islam Negeri IAIN Parepare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10742

Keywords:

Minat, Pedagang, Kios, Pasca Revitalisasi, Maslahah

Abstract

Pasar Lakessi merupakan pasar yang telah revitalisasi sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui minat pedagang menggunakan kios pasca revitalisasi pasar Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara secara langsung dengan pengelola pasar yaitu UPTD Pasar Lakessi, pedagan dan pembeli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan oleh UPTD pasar tehadap penggunaan kios pasar yaitu hanya sedikit kios yang digunakan oleh pedagan untuk menjual barang dagangannya. Tanggapan yang diberikan oleh pedagang yang menggunakan kios menunjukkan bahwa kios yang digunakan bersih dan terlindungi serta tidak panas namun kurang pembeli, semetara itu tanggapan yang diberikan oleh pedagang yang tidak menggunakan kios yaitu mereka membangun kios sendiri dengan bahan apa adanya pada area parkir karena lebih banyak pembeli. Tanggapan yang diberikan penjual menunjukkan bahwa pengaruh harga dan kemudahan dalam berbelanja pada bagian area parkir mendorong mereka untuk membeli di area yang tidak diizinkan oleh pengelola pasar.Tinjauan maslahah menunjukkan bahwa manfaat yang diperoleh dari revitalisasi pasar sudah sesuai dengan syariah, selain pedagang memanfaatkan pasar dengan masuk akal dan manfaatnya berkaitan dengan orang banyak. Namun masalah ditemukan yaitu terjadi ketidakadilan pendapatan dan penggunaan kios yang mengakibatkan ketidaktertiban dalam menjual barang.

Author Biography

Nurul Qisti Al Ihfa, Institut Agama Islam Negeri IAIN Parepare

Prodi Ekonomi Syariah

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Adinuhraha, Hendri Hermawan. 2018. “Al-Maslahah Al Mursalah Dalam Penentuan Hukum Islam.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 4 (1): 63–75.

Al-Hasyim. 2008. Ilmu Ushul Fiqh. Jombang: Darul Hikmah Jombang.

ANTARA SULSEL. 2009. “Pasar Modern Lakessi Parepare Beroperasi Awal 2010.†Berita Antara Sulsel. 2009. https://makassar.antaranews.com/berita/11628/pasar-modern-lakessi-parepare-beroperasi-awal-2010.

Asiah, Nur. 2020. “Maslahah Menurut Konsep Imam Al-Ghazali.†DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 18 (1): 118–28.

Asnawi. 2011. Perbandingan Ushul Fiqh. Jakarta: Amrah.

Asy-Syatibi. 2003. Al-Muwafaqat Fi Ushul Al-Syari’ah. Beirut: Dar Al Kutub Al Ilmiyah.

Badan Pusat Statistik. 2022. Parepare Dalam Angka. Parepare: BPS Kota Parepare.

Basri, Rusdaya. 2019. Ushul Fiqh 1. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Dalle, Darwiaty. 2021. “Penataan Pasar Semi Modern Lakessi Parepare Dimaksimalkan.†Website SINDONEWS. 2021. https://daerah.sindonews.com/read/349480/713/penataan-pasar-semi-modern-lakessi-parepare-dimaksimalkan-1614499349.

Darianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merk. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Darmawati. 2019. Ushul Fiqh. Jakarta: Prenada Media Group.

Digdowiseiso, Kumba. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Fajar, Mukti, and Yulianto. 2010. Dualisme Penelitian Hukum Normatif Dan Empiris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzi, Hasan Muchtar, S Sos M Si, and Ahmad Yusuf Firdaus. 2018. “IMPACTS OF TRADITIONAL MARKET REVITALIZATION ON THE TRADERS ’ CAPITAL EXPENDITURES IN SITUBONDO.†2nd International Seminar Series On Regional Dynamic, 122–29.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, and Dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Hermawan, Sigit, and Amirullah. 2016. METODE PENELITIAN BISNIS Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Pontianak: Katalog dalam Terbitan.

Jumantoro, Totok, and Samsul Munir Amin. 2009. Kamus Ilmu Ushul Fiqh. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2023. “Pasar Lakessi Parepare Diresmikan.†Direktorat Jenderal Cipta Karya. 2023. http://ciptakarya.pu.go.id/water/post.php?q=1051-Pasar-Lakessi-Parepare-Diresmikan.html.

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2017. Al-Quran Dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Peterjemah/ Penafsir Al-Quran.

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. 2021. PERMENDAG NOMOR 21 TAHUN 2021. Indonesia: Menteri Perdagangan Republik Indonesia. https://jdih.kemendag.go.id/pdf/Regulasi/2021/PERMENDAG NOMOR 21 TAHUN 2021.pdf.

Kotler, Philip, and Garry Amstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, J. Bowen, and J Makens. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism. 6th ed. Boston: Pearson.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Lucas, D.B., and S.H Britt. 2018. Measuring Advertising Effectiveness. New York: McGraw Hill.

Miswanto, Agus. 2019. Ushul Fiqh Metode Ijtihad Hukum Islam Jilid 2. Yogyakarta: UNIMMA PRESS.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Media Kita.

Mubarok, Supriatna. 2021. Kemashlahatan Ekonomi Islam Di Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Murdoyatno, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Diserai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran†Yogyakarta.

Nursapiah. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Asri Publishing.

Nuzuliati, Prihatin Lumbanraja, Parapat Gultom, and Endang Sulistya Rini. 2021. “The Effect of Traditional Market Revitalization in Medan City on Competitiveness, Trader Satisfaction and Increases in Sales of Traders with Perceived Value as a Mediation Variable.†Jurnal Proceedings of the 2nd Economics and Business International Conference (EBIC 2019) - Economics and Business in Industrial Revolution 4.0 2 (Ebic 2019): 457–65. https://doi.org/10.5220/0009216204570465.

Parepare Kota. 2022. “Tahun Ini Pasar Lakessi Dikembangkan.†Website Resmi Parepare Kota. 2022. https://pupr.pareparekota.go.id/tahun-ini-pasar-lakessi-dikembangkan/.

Prasetyo, Bambang, and Lina Miftahul Jannah. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Purba, Elidawaty, Bonaraja Purba, Ahmad Syafi’i, Fastabiqul Khairad, Darwin Damanik, and Dkk. 2021. Metode Penelitian Ekonomi. Pematangsiantar: Yayasan Kita Menulis.

Purwandri, Dhiny. 2020. “Dampak Program Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Kesejahteraan Pedagang Di Pasar Manis Purwokerto Kabupaten Banyumas.†Universitas Jenderal Soedirman.

Qadhrawi, Yusuf. 1996. Keluwesan Dan Keluasaan Syariat Islam: Dalam Menghadapi Perubahan Zaman. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Raharjo, Dawan. 2014. Perpektif Deklarasi Makkah Menuju Ekonomi Islam. Bandung: Mizan.

Ramayulis. 2011. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Salim, and Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Konseo Dan Aplikasi Ilmu Sosial, Keagamaan, Dan Pendidikan. Bandung: Cipustaka Media.

Saragih, Lenti Susanna, and Selviana Vony Meak. 2022. “Post-Revitalization of Traditional Market in a Marketing Perspective.†Review of Management, Accounting, and Business Studies 1 (2): 58–67. https://doi.org/10.38043/revenue.v1i2.3737.

Schiffman, and Kanuk. 2015. Consumer Behavior. 11th ed. New York: Pearson.

Setiawa, Iwan. 2015. “Potensi Destinasi Wisata Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi.†Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Paper UNISBANK (SENDI U).

Setiyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Siregar, Sofyan. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifuddin, Amir. 2008. Ushul Fiqh. Jakarta: Prenada Media Group.

Tamrin, Dahman. 2007. Filsafat Hukum Islam. Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Tim Penyusun IAIN Parepare. 2022. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, (Parepare: Program Pascasarjana. Parepare: IAIN Parepare.

Tjipto, Fandy, Gregorius Chandra, and Dadi Adriana. 2015. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widokarti, Joko Rizkie. 2019. Konsumen, Pemasaran Dan Komunikasi Kontemporer. Bandung: CV Pustaka Setia.

Zahra, Muhammad Abu. 2005. Ushul Al-Fiqh. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Downloads

Published

24-11-2023

How to Cite

Al Ihfa, N. Q. (2023). Minat Pedagang Menggunakan Kios Pasca Revitalisasi Pasar Lakessi Kota Parepare (Analisis Maslahah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4474–4487. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10742

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.