Analisis Implementasi Strategi Direct Fundraising Zakat Pada BAZNAS Kota Bukittinggi Dengan Pendekatan Diagram Cause and Effect (Fishbone)

Muhamad Defrisal, Aidil Alfin, Anwar Sholihin

Abstract

Strategi Direct Fundraising merupakan salah satu Program yang sangat berpotensi kuat dalam meningkatkan manajemen Pengumpulan zakat pada Badana Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Metode ini merupakan salah satu teknik penggalangan dana dimana metode ini mengedepankan interaksi langsung dengan muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar potensi Program Direct Fundraising yang dilaksanakan pada BAZNAS Kota Bukittinggi dalam pengelolaan zakat dengan fokus pembahasan pada : 1) Kesesuaian pelaksanaan sistem Program Direct Fundraising dilakukan oleh BAZNAS Kota Bukittinggi dengan pendekatan cause and effect diagram dengan Sistem Program Direct Fundraising yang seharusnya, 2) Permasalahan apa saja yang ada pada Program Direct Fundraising BAZNAS Kota Bukittinggi 3) Bagaimana solusi permasalahan pada Program Direct Fundraising yang ada di BAZNAS Kota Bukittinggi. Alat analisis yang penulis gunakan adalah cause-and-effect diagram (Diagram Tulang Ikan), yaitu suatu grafik yang menunjukkan hubungan antara suatu masalah dan kemungkinan penyebabnya maka dengan itu besar kemungkinan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan referensi yang mudah dipahami oleh berbagai Pihak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam upaya pelaksanaan Program Direct Fundraising zakat BAZNAS Kota Bukittinggi senantiasa mengutamakan aspek efektifitas, yaitu pengelolaan yang memenuhi unsur-unsur ketepatan dan objektifitas, dalam arti pengelolaan zakat dilakukan secara terencana dan sistematis, namun dalam pelaksanaan dan perencanaan masih ada unsur-unsur yang belum terpenuhi seperti : belum terlaksananya follow up dan laporan pelaksanaan kegiatan kepada muzaki dan kurangnya pengawasan, (2) Untuk kedepan hendaknya BAZNAS Kota Bukittinggi memberikan lebih mengedukasikan kepada masyarakat tentang ajaran syariah terutama mengenai zakat dan dampak dari terkelolanya zakat dengan baik, melaksanakan Pelatihan Pelayanan Prima dan pengimplementasian seluruh SOP yang ada.

Keywords

Direct Fundraising, Pengumpulan zakat, Diagram Fishbone, Fundraising zakat

Full Text:

PDF

References

Atabik, A. (2015). Manajemen Pengelolaan Zakat yang Efektif di Era Kontemporer. ZISWAF : Jurnal Zakat dan Wakaf, 40-62.

Badan Amil Zakat Nasional. (2020). Outlook Zakat Indonesia 2020. Jakarta: Puskas BAZNAS.

Coghlan, D., & Brydon-Miller, M. (2014). Fishbone Diagram. The SAGE Encyclopedia of Action Research, 39-48.

Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Makassar: Ghalia Indonesia.

Elmunawaroh, E., Asyari, A., & Sholihin, A. (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Muslim di Perbatasan Rao Pasaman Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2167-2176.

Fratama, A. Z. (2019). Fundraising Strategy on Zakah, Infaq and Sadaqah At Zakah Organization “Ydsf” Surabaya 2019. Journal of Islamic Economics and Philanthropy, 513.

Hasanudin, H. (2010). Manajemen Zakat & Wakaf. Pamulang: Buku Ajar.

Kasri, R. A., & Putri, N. I. (2018). Fundraising Strategies to Optimize Zakat Potential in Indonesia: An Exploratory Qualitative Study. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 1-24.

Komite Nasional Keuangan Syariah. (2019). Insight Buletin Ekonomi Syariah: Pemerataan Zakat Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: KNKS.

Kuncoro, M. (2001). Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mukhyiddin, M., & Musyafa’, M. (2021). Fundraising Communication Strategy of Islamic Philanthropy Institutions for Increasing National Zakat Revenues. Jihbiz Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Perbankan Syariah, 164-72.

Nur, H. (2018). Transparansi Dan Pelaporan Keuangan Lembaga Zakat,‖. ZISWAF : Jurnal Zakat dan Wakaf, 327.

Rifani, R., Taufiq, M., & Sholihin, A. (2023). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS)(Studi Kasus Baznas Kota Payakumbuh). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2732-2743.

Sholihin, A., & Aulia, B. R. (2022). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di BPRS Ampek Angkek Canduang (Studi Kasus Pedagang Pasar Aur Kuning Bukittinggi). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1193-1204.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alphabet.

Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi Dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada Laz Rumah Zakat). Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 205.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.