PENGEMBANGAN UMKM KULINER BERBASIS SYARIAH: STUDI KASUS DI SUMATERA BARAT

Nurlaila Nurlaila, Yenni Samri Juliati Nasution, Hendra Hermain, Purnama Ramadani Silalahi

Abstract

This study aims to analyze the development of sharia-based culinary SMEs from the aspect of products, transactions and information technology in West Sumatra. The researcher used a descriptive approach. The location of this research is in Bukit Tinggi City, Payakumbuh, Batu Sangkar, West Sumatra Province. The object of this research is related to sharia-based SMEs which are reviewed from the aspects of products, transactions and information technology. Researchers conducted FGDs with sharia-based culinary MSMEs, organizational institutions, financial institutions, and governments located in Batu Cage and interviews with culinary MSMEs located in Bukit Tinggi, Payakumbuh, Batu Sangkar. The findings of this study are sharia-based culinary SMEs in West Sumatra can be developed through product aspect development, namely by increasing halal certification administratively, then it can be developed through transaction aspect development, namely by facilitating transactions between buyers and sellers through financial technology and the availability of EDC machines. As well as the development of information technology aspects in order to increase promotion and income through e-commerce and social media.

Keywords

MSMEs, West Sumatra, Products, Transactions and Information Technology JEL Clasification : (Islamic Economic)

Full Text:

PDF

References

Ananda, Amin Dwi. 2017. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang, Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol 1, No 1

Arifqi, Moh. Musfiq, (2021), Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19, Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, Vol 3 No 2 .

Batubara, Tryana Ramadhany, Purnama Ramadani Silalahi dan Khairina Tambunan. 2022. Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisplin, vol. 2. No 1

Firdaus, Fahmi, M. walidur Rif’ih dan Bunga Maharani, Internet Financial Reposting: Ditektor Eskalasi Pembiayaan Modal UMKM Berbasis Stakeholder Value Sebagai Implementasi Financial Technology, Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Paper, 2018

Hafizh, Muhammad dan Purnama Ramadani Silalahi. 2022. The Influence of Digital Marketing On Sharia MSME Income (Study of Sharia MSMEs in Deli Serdang Regency), El-Amwal, vol 5, N0 2.

Hidayat , I. P, Hadiyanti , L, Sukmawati, R., Nurasiah, S & Suhaemi, B. (2021), Optimalisasi Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rancage Desa Curugrendeng, Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(20).

Hidayat, M Syamsul, Toto Heru Dwihandoko, Eny Sutyaningsih, (2022), Pembinaan Administrasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Pada UMKM Karunia Desa Sawahan Mojokerto, Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 3 No 2.

Kementerian Keuangan. 2022. Kajian Fiskal Regional Provinsi Sumatera Barata Tahun 2021, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatera Barat.

Lisa Fitriani Rahman dan Shinta Ayudhia. 2020. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM di Kota Padang, Jurnal Profiet, Vol 4, No 1

Nasution, Salman dan Purnama Ramadani Silalahi. 2022. Peran Digital Marketing dalam meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah di Kota Medan, Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal EKonomi dan Perbankan Syariah, Vol 7 No 2

Ni Kadek Sinarwati, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belum

Diterapkannya Pencatatan Keuangan Berbasis Etap Di UMKM (Studi Kasus

UMKM Di Kabupaten Buleleng).

Nurlasera dan Qomariah L. 2014. Peluang dan Tantangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Berbasis Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di kota Pekanbaru, Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 15, Vol I, 2019.

Putu Lanang Eka Sudiart, Kriya Ketut & Cipta Wayan. 2014. Analisis Faktor-

Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil, dan Menengah

(UMKM) Di Kab. Bangle. Vol 2. Universitas Pendidikan Ganesha.

Pujiyono, Arif., Ro’fah Setyowati dan Idris, Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jawa Tengah Dalam Menghadapi Persaingan Global, Indonesian Journal of Halal, 2018

Silalahi, Purnama Ramadani dkk. 2022. Eektivitas Penerapan Islamic Mikrofinance Melalui Pembiayaan Mikro Dalam Mengembangkan Usaha Dan Peningkatan Pendapatan Nasabah UMKM (Studi kasus Pada Bank Syariah Di Kota Medan), JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, ekonomi dan Manajemen, Vol 2 No,1.

Website:

Safitri, Algamar Arif. (2022). Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Menghadapi Tantangan Global, dalam Portal Resmi www.sumbarprov.go.ig, diposting pada 16 Juli

Isran, UMKM Sumatera Utara Dituntut Kuasai Pasar Digital, dalam website www.scientia diposting pada November 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.