Dilema Aktualisasi Diri: Perilaku Mahasiswa IAIN Parepare Dalam Konsumsi Skincare Tanpa Label Halal

Nurfadilah Sindika Sari, Syahriyah Semaun, Andi Bahri S, Muliati Muliati, Muzdalifah Muhammadun

Abstract

Abstrak
Saat ini skincare tanpa label halal banyak dikonsumsi oleh mahasiswa untuk mendapatkan kulit putih dan bersih. Perilaku konsumsi seperti ini tidak sesuai dengan perilaku konsumsi islam yang mana sebagai umat muslim diwajibkan untuk mengonsumsi barang/produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola aktualisasi diri mahasiswa yang dianalisis dalam teori konsumsi islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer berasal dari wawancara secara langsung dengan mahasiswa FEBI IAIN Parepare dan data sekunder berasal dari literatur-literatur yang sesuai topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengaktualisasikan diri mereka dengan menggunakan skincare tanpa label halal sehingga mampu mempertahakan eksistensi di lingkungannya. Faktor-faktor yang mendorong mahahsiwa untuk menggunakan skincare tanpa label halal yaitu faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Mahasiswa menganggap label halal pada skincare tidak terlalu penting sehingga mereka tetap menggunakan skincare tanpa label halal. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran pola konsumsi yang tidak sesuai dengan perilaku konsumsi islam.

Keywords

Aktualisasi diri; Perilaku Konsumsi Islam; Skincare; Label halal

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. A. F. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Skin Care (Studi Kasus Produk Marta Tilaar di Perumahan Telaga Jambu Sawangan Depok) Muhamad. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 6(02): 254–262.

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, & Surwardi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Indah.

Feist, J., & Feist, G. J. (2006). Theories of Pesonality. New York: McGraw Hill.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1):69–72.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911/31075

Harahap, Isnaini, & Ridwan, M. (2016). Islamic Economic. Medan: FEBI Press.

Khan, N., Sarwar, A., & Tan, B. C. (2021). Determinants of purchase intention of halal cosmetic products among Generation Y consumers. Journal of Islamic Marketing, 12(8); 1461–1476.

https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2019-0248

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi 9). Jakarta: Erlangga.

Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, dan Lifestyle terhadap Minat Pembelian Produk Skincare pada Generasi Millenial di Kabupaten Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2): 289. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.9165

Mansyuroh, F. A. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Pembelian Skin Care Tanpa Label Halal Pada Muslim Generasi Z di Banjarmasin. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 11(1): 46–66.

https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v11i1.3544

Maslow, A. H. (1993). Motivasi Dan Kepribadian (Terjemahan Nurul). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad. (2004). Ekonomi Mikro Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE.

Nindya Dwiana Putri. (2019). Fakto-faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kosmetika Perawatan Wajah. Jurnal Tata Rias, 9(2): 22–31.

https://doi.org/10.21009/9.2.3.2009

Ningrum, D. O., & Ruspitasar, W. D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow Di Kota Malang. Cakrawala Management Business Journal, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i1.201

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior. New Jersey: Perason Education.

Schultz, D. (2008). Psikologi Pertumbuhan: Model-Model Kepribadian Sehat (15th ed.). Bandung: Rosda.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Statista. (27 November 2022). Skincare. https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/skin-care/indonesia

Wibowo, A. E. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memilih Produk. 4(2): 101–112.

Yuliadi, I. (2001). Ekonomi Islam; Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).

Yuliana, A. (2019). Teori Abraham Maslow dalam Pengambilan Kebijakan di Perpustakaan. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2):349. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i2.3845

Zahrah, M. A. (2003). Ushul al-fiqh. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
echo 'slot gacor