FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA EKONOMI DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL

Authors

  • Sulistyo Budi Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Eva Yuniarti Utami Universitas Sebelas Maret
  • Ainil Mardiah Universitas Adzkia
  • Indra Wijaya Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta Padang

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11229

Abstract

Dompet elektronik (E-wallet) merupakan hasil inovasi yang dibawa oleh pertumbuhan fintech. Meningkatnya transfer uang elektronik merupakan tanda bahwa masyarakat mulai menggunakan dompet digital untuk memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yg mempengaruhi niat mahasiswa ekonomi dalam penggunaan dompet digital. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi pengguna dompet digital yang tersebar indonesia yang diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling: simple random yang berhasil diperoleh sebanyak 250 responden, dan tehnik analisis menggunakan SPSS. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat penggunaan dompet digital. Sedangkan persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan dompet digital dalam penelitian ini. Kata Kunci: TAM, Persepsi Resiko, Minat Dompet Digital

References

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layananterhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511

Astuti, I. S., & Nugroho, E. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam menggunakan Aplikasi Dompet Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 13(1), 26–36.

Aulia, N., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1749. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i03.p08

Hartono, M. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Berkelanjutan Yang Di Mediasi Oleh Sikap Penggunaan Pada Aplikasi Dompet Digital Ovo Dan Dana (Studi Komparasi Di Kota Pontianak). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 11–22. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.671

Hikmah, M., Fathurrahman, A., & Rukiyat, T. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Dompet Digital Dana (Studi Kasus Masyarakat Dki Jakarta). Jurnal Inovasi Manajemen & Bisnis (JIMB), 1(2), 104–117.

Iffat, M. F., & Laksmi, A. C. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Elektronik Di Kota Medan. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 5(2020), 441–449. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art50

Ika Febrilia, Shela Puspita Pratiwi, & Irianto Djatikusumo. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System – Dompet Digital Pada Mahasiswa Di Fe Unj. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.1.01

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.

Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Penggunaan E-Wallet Shopeepay (Studi Pada Pengguna ShopeePay di Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 185–198. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13486

Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dompet Digital LinkAja. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 928. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.569

Nurul Haqiqi, Untung Lasiyono, & Tri Ari Prabowo. (2020). Pengaruh Kemudahan, Manfaat Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Belanja Online Dalam Menggunakan E-Commerce Shopee Di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Taman Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 317–328. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3000

Ong, V., & MN, N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 516. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259

Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Economic and Digital Business Review, 4(1), 91–98.

Putri Altara, K., & Triyanto, E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Surakarta). JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(8), 3205–3220. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i8.5514

Safitri, D. U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengguna Ovo Sebagai Sistem Pembayaran Digital Di Kota Pontianak. Jurnal Pembangunan Dan Pemerataan, 11(4).

Sumantika, A. P. & A. (2020). Analisis Technology Acceptance Model Pada Pengguna Dompet Digital Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 10(February), 137–146. https://doi.org/10.26460/jm.v10i2.1702

Wardani, D., Primastiwi, A., & Hermalia, H. (2022). Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan pada Minat Membayar PBB Menggunakan Go-Pay dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 3(1), 128–146. https://doi.org/10.24071/exero.v3i1.4240

Wulandari, J. J., & Ramaditya, M. (2020). Analysis Of The Effect Of Perceived Ease And Usefulnes On Analysis Of The Effect Of Perceived Ease And Usefulnes On Consumer Behavior Forinterest. 1–25.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Utomo, S. B., Utami, E. Y., Mardiah, A., Wijaya, I., & Mulatsih, L. S. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA EKONOMI DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11229

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>