DIGITALISASI DESTINASI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA
Abstract
Digitalisasi destinasi menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa ada beberapa teknologi digitalisasi yang dapat memudahkan dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia, di antaranya yaitu teknologi e-commerce, teknologi Marketplace, teknologi sosial media, teknologi aplikasi chatting, teknologi virtual reality, teknologi cloud, teknologi komputasi paralel, dan sistem informasi geografis (SIG). Selain itu, ada juga beberapa program yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi pariwisata yaitu podcast, pelatihan pemasaran online, e-bulletin, dan pose. Adapun empat bauran promosi yang biasa digunakan sebagai strategi promosi pariwisata di Indonesia yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat.
Kata Kunci: Digitalisasi Destinasi, Promosi, Pariwisata
Full Text:
PDFReferences
Adiyanto, Y., & Supriatna, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lebak Banten. Sains Manajemen, 4(2), 83–93. https://doi.org/10.30656/sm.v4i2.979
Afnarius, S., Octaviani, L. K., Trenggana, A. F. M., Kraugusteeliana, K., Syahadat, R. M., Adriani, H., Sudirman, A., Thaheer, H., Halim, H., Awaludin, D. T., Latif, B. S., Azmi, N., Ahyani, H., Sufyati, H. S., Handayani, T., Feriyadin, F., & Rohani, E. D. (2024). Digitalisasi Tourism. In Cv Widina Media Utama.
Arifin, S., Dwi Hastri, E., Pathorrahman, & Rasaili, W. (2023). Digitalisasi Wisata Pantai Ekasoghi Sumenep Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1).
Choirunnisa, I., Karmilah, M., Rahman-89, B., Pengembangan, S., Budaya…, P., Studi, P., Wilayah, P., Kota, D., & Semarang, A. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Maspati, Desa Selumbung. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 89–109.
Dewanto, R. F. (2022). Pengaruh Digitalisasi dan Citra Destinasi Pariwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(4), 537–552. https://doi.org/10.22219/jie.v6i4.22278
Hanum, F. (2020). Konsep Smart Tourism sebagai Implementasi Digitalisasi di Bidang Pariwisata. Tornare, 2(2), 14–17. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i2.25787
Kasim, A., Bessie, J. L. ., & Nyoko, A. E. L. (2017). Strategi Promosi Pariwisata Kota Kupang Melalui Pembuatan Media Katalog Wisata. JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s), 4(1), 71–90.
Kobun, P. H. L., Fanggidae, R. P. C., Salean, D. Y., & Nenabu, J. C. (2022). Strategi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Bukit Cinta Wolor Pass Kabupaten Lembata pasca pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 3(3), 197–220.
Manafe, J. ., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1), 101. https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i1.1687
Mariani, N. W. R., Putra, P. R. D., Devanda, P. C. L., & Sunarto, I. P. (2022). Digitalisasi Pariwisata Berbasis Website di Desa Wisata Penglipuran Bali. Jurnal Mantik, 6(2), 2236–2244.
Marniatun, M., Rosida, L., & Azizurrohman, M. (2022). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kampung Sasak Ende. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i1.1894
Mistriani, N. (2019). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Puri Mataram Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Gema Wisata, 15(1), 327–339.
Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta ISKI, 3(02), 135–143. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.53
Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790
Murti, D. C. W., Kusumastuti, Z. R., Handoko, V. S., & Wijaya, A. B. M. (2022). Peningkatan Digitalisasi Pariwisata di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo. Jurnal Atma Inovasia, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.24002/jai.v2i1.5395
Nurhalimah, N., Darmawan, R. N., & Kanom, K. (2021). Bimbingan Teknis Digitalisasi Promosi Berbasis Website dan Media Sosial Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Angin Desa Pakel Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 223–230. https://doi.org/10.54082/jamsi.74
Rasyad Al Fajar, M., & Ifantri, I. (2021). Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bima Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1), 77–95. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i1.747
Satria, E. (2018). Analisa Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Kerinci. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 53. https://doi.org/10.33087/eksis.v9i1.133
Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595
Syafrudin, M. F., Sigandaru, A. B., & ... (2023). Strategi Promosi Destinasi Wisata Yang Dilakukan Oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. … Mahasiswa Pariwisata, 1(1), 8–14.
Tiara Dita Puspita, & Vivaldy Ismail. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 10–23. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v19i1.262
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13318
Refbacks
- There are currently no refbacks.