EKSPLORASI PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MAHASISWA DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekplorasi penggunaan e-wallet ShopeePay pada mahasiswa di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara survey berupa instrumen kuesioner yang kemudian disebar melalui google form. Simple random sample digunakan sebagai teknik pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Kemudian indikator yang digunakan untuk melihat ekplorasi penggunaan e-wallet ShopeePay pada mahasiswa di Indonesia yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan atau manfaat, dan persepsi risiko. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa persepi kemudahan penggunaan menunjukkan hasil 96% mahasiswa di Indonesia memberikan tanggapan bahwa ShopeePay memberikan banyak kemudahan dalam penggunaannya. Persepsi kegunaan atau manfaat menunjukkan hasil 91% mahasiswa di Indonesia memberikan tanggapan bahwa ShopeePay memberikan kegunaan atau manfaat dalam berbelanja online dan dalam hal transaksi pembayaran. Persepsi risiko menunjukkan hasil 83% mahasiswa di Indonesia menyetujui bahwa ShopeePay memiliki tingkat risiko yang rendah. Selain itu, dilihat dari minat bertransaksi menunjukkan hasil 89% mahasiswa di Indonesia tertarik untuk melakukan transaksi melalui ShopeePay. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-wallet ShopeePay dipengaruhi oleh ketiga persepsi tersebut.
Kata Kunci: E-Wallet ShopeePay, Persepsi, Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
AchmadAgungAlfatih, BahtiarEfendi, Eni Candra Nurhayati, H. P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Kabupaten Wonosobo (Studi Kasus Pengguna E-Wallet Shopeepay) Achmad. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3(3), 13. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jamasy.v3i3.5404
Anisa, W. N., Rimadhani, N. A., Ifaa, K., & Astuti, Y. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Shopeepay Sebagai Sarana Transaksi Pembayaran. Jurnal Ekonomi Sakti (JES), 12(1), 89. https://doi.org/10.36272/jes.v12i1.245
Ekuitas, S., Aulia, A., & Wediawati, T. (2023). Persepsi Teknologi Informasi , Persepsi Kemudahan , Persepsi Kegunaan Terhadap Kepuasan Penggunaan E-wallet ShopeePay. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(2), 327–335. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i2.4378
Fitriawibowo, W. A., & Kusumawati, E. (2024). Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepay Sebagai Dompet Digital. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(2807–4238), 4710–4719. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8411
Gama Putra Brahmanta, & Nuruni Ika Kusuma Wardhani. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Sains Manajemen, 7(2), 97–108. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.3580
Kezia Putri Altara, & Eko Triyanto. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Surakarta. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(8), 3205–3220. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i8.5514
Latief, F., Idris, M., & Dirwan. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 157–166. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1401
Lutpiana, T. S., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). The Influence Of Sales Promotion, Service Quality, And Price Perception On The Interest In Using Shopeepay E-Wallet Among Management Students At The National University. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8961–8969. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.3679
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1455-1463
Mulyani, A. Y., Sabanni, S. R., & Nabila, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Universitas Siliwangi Mengenai Penggunaan E-Wallet (Shopee Pay) Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4), 95–106. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i4.152
Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022a). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 173–186. https://doi.org/https://doi.org/10.47860/economicus.v17i2.364
Nadia, G., & Wiryawan, D. (2022b). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Penggunaan E-Wallet Shopeepay (Studi Pada Pengguna ShopeePay di Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(2), 185–198. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13486
Nugroho, T. C., Pubra, E. H., & Helwani, R. M. K. (2022). Analisis Pengalaman Penggunaan Dompet Digital (Studi Kasus : Shopeepay). IJAcc, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.33050/jakbi.v3i1.2155
Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Economic and Digital Business Review, 4(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.302
Permatasari, S. V., & Ratna Yunita, M.A. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Spiritual Marketing Terhadap Minat Menggunakan Ulang E-Wallet Shopeepay di Kota Madiun. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 66–87. https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.800
Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima, 9(1), 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4425
Rahmawati, Y. D., Yuliana, R., Tinggi, S., Bank, I. E., & Jateng, B. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. Econbank, 2(2), 157–168. https://doi.org/https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.215
Ramadya Sari, L., Anggraini, R., Sri Kencanawati, M., & Sularto, L. (2022). Dampak Keamanan, Manfaat, Kepercayaan, Promosi, serta Kemudahan pada Keputusan Pemanfaatan Dompet Elektronik Shopeepay. Metik Jurnal, 6(1), 59–69. https://doi.org/10.47002/metik.v6i1.335
S. Tiwi Anggraeni, Sulastri, & Retno Suwiyanti. (2023). Determinan Kemudahan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, Fitur Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transaksi Shopeepay Di Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(3), 42–52. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i3.1092
Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. Journal of Management & Business, 5(1), 153–163. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1522
Yennisa, Y., & Putri, H. R. N. (2023). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Keputusan Penggunaan e-wallet dalam Transaksi Pembayaran (Studi di Pasar Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta). UPY Business and Management Journal (UMBJ), 2(2), 30–39. https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i2.5075
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13780
Refbacks
- There are currently no refbacks.