PERKEMBANGAN WISATA HALAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Laili Savitri Noor, Jufri Jacob, Tono Mahmudin, Iwan Harsono, Syahidin Syahidin

Abstract


Kebangkitan pariwisata halal dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi subjek utama penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan laporan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia menawarkan banyak sekali peluang untuk pariwisata halal, sebagian besar karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan meningkatnya jumlah pengunjung asing dan lokal yang datang ke Indonesia setiap tahunnya. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengimplementasikan rencana pemasaran secara efektif dengan tetap mempertimbangkan kepentingan pengunjung lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan pariwisata halal.
Kata Kunci: Wisata Halal, Pertumbuhan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Abrori, F. (2020). Pariwisata Halal Dan Peningkatan Kesejahteraan. Malang: Literasi Nusantara.

Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. In Tourism Management Perspectives (Vol. 19, pp. 150–154). Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management, 3(7), 739–741. https://doi.org/10.7763/joebm.2015.v3.277

Cooper, Fletcher, Gilbert, Shepherd & Wanhill. 1998. Tourism Principles and Practices. England: Longman Group Limited.

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi

Global Muslim Travel Index 2016. Diakses Desember 2023 pada https://www.crescentrating.com/reports/mastercard

Hasan, H. A., Penulis, N., Hurriah, & Hasan, A. (2022). Pariwisata Halal: Tantangan Dan Peluang Di Era New Normal. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1).

Herlambang, D. D. (2016). Dampak Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Dan Ekonomi Penduduk Sekitar Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Pedut Di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Geoeducasia, 1(1).

Hiariey, L. S. (2013). Dampak Pariwisata Terhadap Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Pantai Natsepa, Pulau Ambon. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 9(1).

I Dewa Gde Sugihamretha. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. The Indonesian Journal of Development Planning, IV (2).

Irwansyah, M. Z. (2021). WISATA HALAL: Strategi Dan Implementasinya Di Kota Banda Aceh. Journal of Governance and Social Policy, 2(1), 41–55. https://doi.org/10.24815/gaspol.v2i1

Jaelani, A. (2017). Industri wisata halal di Indonesia: Potensi dan prospek. In Munich Personal RePEc Archive. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29350.52802

Jafar, R., & Meilvidiri, W. (2021). Analisa Location Quotient (LQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), dan Klasifikasi Carvalho dalam Menentukan Potensi Ekonomi Kabupaten Takalar. ICOR: Journal of Regional Economics, 02(03).

Khaerani, R., Pamungkas, P., & Aeni, S. N. (2018). Pengembangan Daya Tarik Wisata Daarus Sunnah Menjadi Wisata Halal. Tourism Scientific Journal, 3(1), 92. https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.37

Maghfira, F., & Iqbal, F. M. S. (2022). Analisis pengaruh halal tourism terhadap pertumbuhan ekonomi di indonesia: strategi dan tantangan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(01). https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1

Reza, M., Endarwati, M. C., & Setyawan, A. (2020). Konsep Kawasan Wisata Berbasis Budaya “Rt Dolanan Nusantara.” Jurnal PAWON, IV (2).

Siska, S., Rahmi, H., Fitriani, & Dewanti, E. (2020). Workshop dan Pelatihan Pengajuan Sertifikat Halal bagi Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM. Jurnal SOLMA, 9(1), 201–208. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3823

Subarkah, A. R. (2018). Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat. Intermestic: Journal of International Studies, 2(2), 188. https://doi.org/10.24198/intermestic.v2n2.6

Sudiarta Dan I, N., & Suardana, W. (2016). Dampak Pariwisata terhadap Kemiskinan di Kawasan Pariwisata di Bali. Jurnal Kajian Bali, 05(02). www.sdgfund.org/mdgs-sdgs

Svinarky, I., & Malau, P. (2020). Penerbitan Sertifikat Halal Berdasarkan Prespektif Hukum Di Indonesia. Jurnal Cahaya Keadilan, 8(1), 71–85. https://doi.org/10.33884/jck.v8i1.1896

Usman, M. N. (2019). Wawasan Dalam Hashtag: Telusur Informasi Wisata Halal Melalui Hashtag # WisataHalal di Instagram. Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1). https://doi.org/10.22146/jpt.48835




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.12516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com