PERILAKU PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI INDONESIA OLEH MILENIAL MUSLIM DENGAN NIAT MEMBELI SEBAGAI MODERASI

Mohammad Gifari Sono, Degdo Suprayitno, Eva Yuniarti Utami, Asep Supriadi, Musran Munizu

Abstract


Abstrak
Perilaku membeli yang dilakukan konsumen merupakan akibat yang timbul dari minat membeli dan keputusan pembelian dimasa yang akan datang akan dipengaruhi oleh niat membeli. Dalam perkembangannya, sikap terhadap perilaku konsumen ditentukan oleh keyakinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan sikap terhadap perilaku pembelian dengan niat membeli sebagai moderasi. Analisis saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa sikap berpengaruh terhadap perilaku pembelian. Niat membeli sebagai moderasi mampu memoderasi kesadaran halal dan sikap terhadap perilaku pembelian. Namun kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Perilaku Pembelian, Kesadaran Halal Dan Sikap, Niat Membeli

Full Text:

PDF

References


Alinda, R., & Adinugraha, H. H. (2022). Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal, Dan Sikap Konsumen Untuk Kembali Membeli Produk Makanan Dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam, 2(2), 153–168.

Amalia, R., & Rozza, S. (2023). Analisis Pengaruh Halal Awareness, Religiusitas, Gaya Hidup, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Dan Kosmetik Halal. Account; Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 9(2), 1680–1690.

Fadillah, H. N., Ridlwan, A. A., & Suryaningsih, S. A. (2023). Perilaku Pembelian Makanan & Minuman Halal Milenial Muslim di Indonesia: Pengaruh Mediasi Niat Membeli. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 7(1), 11–28.

Faiza, I., Nurani, L., Permatasari, I., & Adinugraha, H. H. (2022). Fitur Halal Shopee Barokah Sebagai Preferensi Belanja Online Muslim Di Era Digital. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 78–87.

Fathoni, M. A., Faizi, & Sari, R. (2023). Determinasi Pembelian Makanan Halal Melalui Platform Digital : Kesadaran Halal Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 45–54.

Fatmawati. (2011). Perlindungan Hak Atas Kebebasan Beragama Dan Beribadah Dalam Negara Hukum Indonesia. Jurnal Konstitusi, 8(5), 1829–7706.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program (IBM. SPSS). Universitas Diponegoro.

Hakim, L., & Waluyo, A. (2023). Tingkat religiusitas, pengetahuan produk, dan sikap konsumen terhadap pembelian makanan dan minuman halal. Journal of Halal Industry Studies, 2(1), 49–65.

Hapsari, D. R., Kusumaningrum, I., Aminah, S., & Puspitasari, S. D. (2019). Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi - Bogor. E – Jurnal Riset Manajemen, 05(2), 196–203.

Hervina, R. D., Kaban, R. F., & Pasaribu, P. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gofood di Era Pandemi Covid-19. Inovator: Jurnal Manajemen, 10(2), 133–140.

Millatina, A. N., & Sayyaf, R. T. F. (2025). Makanan Halal Pada Street Food: Halal Awareness, Halal Knowledge, Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2610–2619.

Mu, A., Munir, M., & Rokhim, A. (2020). Pengaruh Sikap , Norma Subjektif Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Beli Produk Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Berlabel Halal Di Supermarket Kabupaten Jember. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 154–169.

Mursalin, H. (2023). Perilaku Sadar Halal pada Generasi Muslim Milenial. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences Volume, 4(3), 697–710.

Pratiwi, D. P., & Falahi, A. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Desa Bangun Rejo Tanjung Morawa. JBMA : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntans, 1(1), 1–13.

Rosidi, A., Musdianingwati, T., Suyanto, A., Yusuf, M., & Sulistyowati, E. (2015). Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. MABIS: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 40–48.

Saputra, A. A., & Jaharuddin. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521–1535. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1185 PENGARUH

Sopingi, I., Santoso, R. P., & Haryanti, P. (2023). Kualitas Produk Dan Harga Produk Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Labelisasi Halal. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, 7(2), 85–93.

Sriminarti, N., & Nora, L. (2018). The Role of Product Knowledge and Attitudes toward Purchasing Intentions : The Moderating Effect of Religiosity on Halal Cosmetics. International Conference on Economics, Business and Economic Education, 2018, 518–529. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3153

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), 125–133.

Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam). EKOBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 2(1), 44–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.