PERAN PROGRAM DISKON, MEDIA IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA FACTORY OUTLET ROWN DIVISION SURAKARTA

Authors

  • Hendra Dewangga Putra UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA, Indonesia
  • Sudarwati Sudarwati
  • Siti Maryam

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2068

Abstract

Persaingan bisnis saat ini setiap perusahaan harus mampu merespon keadaan ekonomi dengan cepat dan tepat untuk persaingan bisnis yang bergerak sangat dengan dinamis dan penuh ketidakpastiaan akan persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menjelaskan peran program diskon, media iklan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Factory Outlet Rown Division Surakarta. Sampel penelitian sampel accidental sampling sebanyak 100 konsumen dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian program diskon, media iklan dan word of mouth secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Factory Outlet Rown Division Surakarta. Kontribusi dari ketiga variabel independen dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 43,5% dan sisanya dipengaruhi dari variabel lain. Kata kunci: program diskon, media iklan, word of mouth, keputusan pembelian Abstrack Business competition today, every company must be able to respond to economic conditions quickly and precisely for business competition that moves very dynamically and is full of uncertainty about market competition. This study aims to determine and explain the role of discount programs, advertising media and word of mouth on purchasing decisions at Factory Outlet Rown Division Surakarta. The sample research sample is 100 consumers accidental sampling with multiple linear regression method. The results of research on discount programs, advertising media and word of mouth simultaneously and partially have a significant effect on purchasing decisions at the Factory Outlet Rown Division Surakarta. The contribution of the three independent variables can explain the purchase decision by 43,5% and the rest is influenced by other variables. Keywords: discount program, advertising media, word of mouth, purchasing decisions

References

DAFTAR PUSTAKA

Cahya, A. D., Nurhajati, & Basalamah, R. (2020). Pengaruh diskon, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada konsumen pengguna jasa Foto Bo Production). e – Jurnal Riset Manajemen, 132-143.

Effendi, Usman (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Fildzah, N. A., & Sari, D. ( 2017). Pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Sweater Online Shop Alco di media sosial Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 99-112.

Jayanti, R. D., & Zuhri, M. Z. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian MinumanTeh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt. EKSIS, 3-46.

Safuan, N. M. (2018). Pengaruh kualitas website, diskon, dan kesadaran terhadap keputusan pembelian di Zalora. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-16.

Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 62-67

Wandaly, U. A., & Hidayat, R. C. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Fladeo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang). Journal Riset Mahasiswa Manajemen (Irmzvi), 1-8

Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang). Journal Of Economic And Economic Education, 165 - 173.

Downloads

Published

2021-08-13

How to Cite

Putra, H. D., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2021). PERAN PROGRAM DISKON, MEDIA IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA FACTORY OUTLET ROWN DIVISION SURAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02), 952–959. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2068

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5