PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PONDOK PESANTREN ZAM-ZAM CILONGOK

Penulis

  • Mastur Mujib Ikhsani Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Fatmah Bagis Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Abid Yanuar Badharudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arini Hidayah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Akhmad Darmawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

Abstrak

Perkembangan digital marketing yang sangat pesat bermula sejak penggunaan internet yang tinggi, dikarenakan dengan adanya kehadiran smartphone dengan harga yang sangat terjangkau. Digital marketing merupakan pemanfaatan semua sumber daya yang ada pada internet yang digunakan sebagai tempat pemberi informasi terkait produk-produk yang akan dijual. Penjualan produk saat ini senantiasa menggunakan metode elektronik (e-commerce) termasuk di dalamnya terdapat ektivitas pemasaran, pembelian dan distribusi. Tim IbM membekali siswa SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-Zam dengan pengetahuan kewirausahaan dan keahlian terkait dengan digital marketing serta praktek langsung dalam pembuatan akun/wadah untuk digital marketing, selain itu siswa juga diberikan materi dalam bentuk modul yang diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh siswa. Keywords : digital marketing, kewirausahaan, e-commerce Abstract. The development of digital marketing has started since the high use of the internet, due to the presence of smartphones at very affordable prices. Digital marketing is the utilization of all available resources on the internet that are used as a place to provide information regarding the products to be sold. Product sales currently use electronic methods (e-commerce) including marketing, purchasing and distribution activities. The IbM team equips Zam-Zam Muhammadiyah Boarding School (MBS) High School students with entrepreneurial knowledge and expertise related to digital marketing as well as hands-on practice in creating accounts/containers for digital marketing, besides that students are also given material in the form of modules which are expected to be useful for all student. Keywords : digital marketing, entrepreneurship, e-commerce

Referensi

Awali, Husni dan Farida Rohmah. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCE (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Volume 2 Nomor 1 (1 – 14).

Herhausen, D., MioÄević, D., Morgan, R. E., Kleijnen, M. H. P., Luminy, D. De, & Antoine, R. (2020). The digital marketing capabilities gap. Industrial Marketing Management, 90(March), 276–290.

Ikhsani, Mastur Mujib, Arini Hidayah, Fatmah Bagis. (2021). Pemberdayaan Potensi Kewirausahaan Siswa SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-zam Cilongok Banyumas melalui Pengembangan Inovasi Produk. Jurnal Budimas. Volume 3 No.01, 2021.

Kotler, Philip and Keller Kevin Lane. (2012). Principles of Marketing: 14th Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Stiadi, Muhammad, Didin Herlinudinkhaji, Yunila Dwi Putri Ariyanti, dan Nindita Erwanti. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2 No. 1 Mei 2021.

Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 16-24

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Ikhsani, M. M., Bagis, F., Badharudin, A. Y., Hidayah, A., & Darmawan, A. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PONDOK PESANTREN ZAM-ZAM CILONGOK. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 359–363. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/6091

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>