Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Pay Terhadap Perilaku Konsumsi Islam

Muhamad Rifki Botutihe, Aldiwanto Landali

Abstract

This study aims to determine the effect of using the shopeepay feature on Islamic consumption behavior in the people of Gorontalo. Exogenous variables in this study, namely convenience, safety, and lifestyle and endogenous variables, namely, Islamic consumption behavior. The research method used is quantitative with multiple linear regression analysis data using EViews 12 Software. The results show that the convenience of the shopeepay feature has a positive and significant effect on Islamic consumption behavior, the safety of the shopeepay feature does not have a significant effect on Islamic consumption behavior, lifestyle has a significant effect on consumption behavior Islam.

Keywords

ShopeePay, Perilaku Komsumsi, Komsumsi Islam

Full Text:

PDF

References

Annur, C. M. (2021, September 6). Shopeepay Jadi E-Wallet Paling Favorit Konsumen Untuk Kejar Promo. Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/09/06/Shopeepay-Jadi-E-Wallet-Palingfavorit-Konsumen-Untuk-Kejar-Promo

Darmawan, D. (2021a). Understanding Impulsive Buying Behavior In Marketplace, Journal Of Social Science Studies 1(1), 11 –18

Didit Darmawan, Arif Rachman Putra. 2022. "Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Pengaruhnyaterhadap Perilaku Pembelian Online Secara Impulsif." Relasi : Jurnal Ekonomi 26-45.

Farah Dilla Wanda Damayanti, Clarashinta Canggih. 2021. "Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Later Terhadap." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1905-1915.

Fitri Mawardani, Renny Dwijayanti. 2021. "Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee." Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).

Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-Tunai Terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239– 250.

Indrarini, Fauzan Bahamarianto Fajirin & Rachma. 2021. "Pengaruh Gaya Hidup Dan Tingkatpendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Usia Produktif Di Surabaya)." Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 156-167.

Khairunnisa, N. (2022). Persepsi Mengenai Metode Pembayaran E-Wallet Shopeepay Pada Masyarakat Kota Bandung. Universitas Pasundan

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran(Edisi Mile). Prehallindo.

Mannan, M. A., & Sonhadji, H. . (1997). Teori Dan Praktek Ekonomi Islam (H.M. Sonhadji (Ed.)). Yogyakarta : Dana Bhakti Prima Yata.

Meyta Amelia Rusbianti, Clarashinta Canggih. 2023. "E-Wallet Dan Perilaku Konsumsi Islam (Studi Pada Masyarakat Kota Surabaya)." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 516-524.

Raman, Arasu, & A. Viswanathan. (2011). Web Services And E-Shopping Decisions: A Study On Malaysian E-Consumer. IJCA Special Issueon: Wireless Information Networks & Business Information System, 2, 54-60.

Reni Widiyanti, Khusnul Fikriyah. 2023. "Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Cashback Terhadap Perilaku." Edunomika.

Ritonga, H. R. D. A. (2010). Pola Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonom, 13, 3.

Sarwono. (2009). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Inovasi Pertanian, 8, 41–53.

Siska Dwi Puspitasari, Rachma Indrarini. 2021. "Pengaruh Penggunaan Digital Paymentterhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 64-74.

Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 209. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V7i1.1570

Yulianti, Dalena. 2022. "Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Dalam." Skripsi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.