Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan Di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi Dan Ekonomi Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainulyaqin, M. H., Sakum., Edy, S., Rakhmat, A. S., & Wulandari, M. (2023). Peran Program
Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 3643-3650. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10881
Anindya. (2022). PENGARUH ADANYA SISTEM PENJUALAN ONLINE TERHADAP PASAR TRADISIONAL BENOWO SURABAYA.
Anwar, S. (2020). Hukum Perjanjian Syariah,(Jakarta:PT Raja GrafindoPersada, 2020), h. 96-97. PT Raja GrafindoPersada.
Ardani, T. A., & I. (n.d.). Psikologi Islam: Perspektif Kesehatan Mental Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Ardiansari, A. (2021). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). Jurnal Mitra Manajemen, 5(11), 1558–1572. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69
Basu Swastha, dan I. (n.d.). Manajemen Penjualan. Liberty.
Choirunisa, R., & Mulyanti, D. (2023). LITERATURE REVIEW: PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI ERA NEW NORMAL Risda Choirunisa 1 , Dety Mulyanti 2 1,2. 5(1), 9–15.
Fauziah, N. (n.d.). Aplikasi Fishbone Analysis dalam Meningkatkan Kualitas Produksi Teh pada PT. Rumpun Sari Kemuning, Kabupaten Karanganyar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Fitriani, A. (2016). Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan PSYCHOLOGICAL WELL BEING. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, xi(1), 57–80.
Harmany. (2020). e-commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan KIta Menulis.
HasibuanJ., EdyS., & AinulyaqinM. (2023). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4473
Hermon, P., & R.whitman, J. (2001). Delivering Satisfaction and Service Quality: A Customer-Based Approach for Libraries,. American Library Association,.
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Ismul Bathni, Deni Darmawan, T. (2021). Pengaruh Jual Beli Online Terhadap Pasar Tradisional Pedagang Pakaian Dan Tas Di Pasar Ciputat the Effect of Online Buying on the Traditional Market of Clothing and Bags Traders in Ciputat Market ). Proceeding Seminar Nasional, 1, 2.
Joseph, O., Tulung, J. E., & Wangke, S. (2020). Impact of Social Media Marketing Towards Business Performance of Msmes in Manado During Covid-19 Pandemic Dampak Pemasaran Sosial Media Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Manado Di Masa Pandemi Covid-19. 596 Jurnal EMBA, 8(4), 596–605.
Kotler, P. (n.d.). Manajemen Pemasaran,. Erlangga,.
Lestari, D. S., & Ainulyaqin, M. H. (2022). Program Industrialisasi Dalam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi Di Masyarakat : Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 288-297. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4077a
Malahayatie, M., & Maryamah, M. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 3(1), 75–93. https://doi.org/10.52490/jeskape.v3i1.441
Marwiyah, S. L., ‘Anulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif
dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ilmiah ekonomi islam, 9(03), 4279-4294. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10783
Masitoh. (n.d.). POTENSI PASAR TRADISIONAL SIMABUR BAGI MASYARAKAT DI NAGARI SIMABUR KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR.
MH Ainulyaqin, Saiban, K., & Munir, M. (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(01), 51 - 60. https://doi.org/10.37366/jespb.v8i01.258
MH Ainulyaqien, Sakum, Sarwo Edy, Djoko Nugroho, & Siti Juariah. (2021). Sosialisasi Cara Berbisnis Secara Syariah Lewat E-commerse Bagi Siswa SMA Islam Yaspia Cibarusah. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(02), 55-60. https://doi.org/10.37366/jabmas.v2i02.2544
Norazlina Zainul. (2004). “E-Commerce From an Islamic Perspective”, Electronic Commerce Research and Applications.
Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.6
Prabowo, A. (n.d.). Kesejahteraan Psikologi Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246–260.
Prihadi, D., & Mulyana, Y. (2019). Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional. Jurnal Ilmiah FIFO, 11(1), 31. https://doi.org/10.22441/fifo.2019.v10i1.004
Produk, P., Shop, O., Kasus, S., & Stiem, M. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilako konsumen dan keputusan pembelian produk online shop (studi kasus mahasiswa stiem bongaya). 5(1), 60–69.
Putri, R. O., & Wibawa, B. M. (2017). Identifikasi Permasalahan Komplain pada E-Commerce Menggunakan Metode Fishbone. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i1.21485
Rizky, A. A. (2022). Dinamika kesejahteraan psikologi pedagang Pasar Lawang yang terdampak relokasi pasar.
Ryff, C. D., Boylan, J. M., & Kirsch, J. A. (n.d.). Eudaimonic and Hedonic Well_Being: An Integrative Perspective with Linkages to Sociodemographic Factors and Health. In Measuring Well-Being: Interdisciplinary Perspectives from the Social Sciences and the Humanities. Oxford University Press.
Ryff, C.D., & Keyes, C. L. M. (n.d.). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. (American Psycological Association. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 69 No. 4.
Ryff, C. . (n.d.-a). Psychological well-being in adult life. 99–104.
Ryff, C. D. (n.d.-b). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069- 1081. 57, 1069-.
Ryff, C. D. (n.d.-c). Psychological Well-Being Revisited: Advances in the Science and Practice of Eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10– 28.
Safia, A., Chai, J., Frimpong, A. N., Akram, U. (2019). The Impact of Social Media Characteristics on E_commerce Use Beharviour Among Youth in Developing Countries. Internation Journal of Information Systems and Change Management.
Saroh, S., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M H., & Edy, S. (2023). Analisis Transaksi Digital Non
Fungible Token (NFT), Sebagai Instrumen Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 378-386. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7948
Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556
Vaicondam, Y. (n.d.). Hypermarkets‟ E-commerce Adoption among Youth in Puchong, Malaysia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 766– 773. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i1/pr200180.
Winarni, U. D. dan F. (n.d.). PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL MENGHADAPI GEMPURAN PASAR MODERN DI KOTA YOGYAKARTA.
Yusuf, M. (2021). Pengaruh Electronic Commerce ( E- Commerce ) Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI, 05(01), 19–30.
zaid zaid. (2021). ekuitas merk dan advokasi pelanggan melalui strategi gamifikasi dan kualitas layanan. academia publication.
Zuhaili, W. (1985). Fiqh al-Islam wa Asillatuh, jilid4, (Beirut: Dar al-Fikr, 1985),. (Beirut: Dar al-Fikr, 1985).
Refbacks
- There are currently no refbacks.