Analisis Peran Sertifikasi Halal Pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13349Keywords:
Certification, Halal, Business, MSME.Abstract
References
Achmad, L.I, . dkk. (2016). Prinsip bisnis Islam adalah prinsip-prinsip dan nilai-nilai berdasarkan sumber-sumber Islam. https://www.researchgate.net/profile/Kuwat-Riyanto/publication/349291036_15th_Anniversary_PDIM_FEB_Universitas_Brawijaya/links/60286af192851c4ed56ddf9e/15th-Anniversary-PDIM-FEB-Universitas-Brawijaya.pdf#page=192%0A
Aditi, B. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melaluikepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan.
Ayu, J. P. (2021). Perencanaan Model Bisnis pada UMKM dalam Mengembangkan Oleh-oleh Khas Bekasi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 75–89.
Azizuddin, I., & Ainulyaqin, MH (2022). Industri pariwisata halal: pendorong inovasi untuk halalpreneurs. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 8 (1), 106-116.
Bayunitri, B. I., & Malik, T. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Star, 12(1), 49–58.
Fatmawati, F., Khasanah, S. N., Narti, N., & Maruloh, M. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MARKETPLACE UNTUK EKSPANSI BISNIS UMKM LOKAL. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 5(2), 77–82.
Fatmawati, P. P., Setiawan, F., & Nasik, K. (2023). Analisis Religiusitas, Kesadaran Halal, Literasi Halal, Dan Niat Berperilaku Dalam Memprediksi Pelaku Umkm Melakukan Sertifikasi Halal Di Kabupaten Bangkalan. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 76–88.
Huda, N. (2012). Pemahaman Produsen Makanan tentang Sertifikasi Halal (Studi Kasus di Surakarta).
Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di Jawa Barat. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(1), 48–56.
Irmawati, I., Frihatni, A. A., Melinda, M., Kumala, R., Ristiyana, R., Yulianti, M. L., Hardana, A., Ashari, M., Rukmini, M., & Hilda, H. (2022). Akuntansi Keuangan Tingkat Menengah.
Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’ah, 8(2), 109–127.
Lestari, DST, Ainulyaqin, MH, & Edy, S. (2023). Peran Wirausaha Berjamaah dan Individu Berkarakter dalam Penguatan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 9 (1), 325-338.
Malau, P., & Svinarky, I. (2020). Analisis Perspektif Hukum Pengurusan Sertifikasi Halal Dalam Upaya Perlindungan Konsumen. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(3), 547–559.
Margarena, A. N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Sertifikasi Halal: Peran Mediasi Niat Berperilaku (Studi Pada UMKM di Kota Salatiga). UNS (Sebelas Maret University).
MH Ainulyaqin, Nur'aeni, AS Rakhmat, Sakum, & Sarwo Edy. (2023). Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana Bagi UMKM Di Desa Telajung. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa , 4 (2), 21-28. https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i2.3133
MH Ainulyaqien, Kisanda Midisen, Sukron Mamun, Rini Setyowati, & Djoko Nugroho. (2021). Sosialisasi Penerapan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangmulya. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa , 2 (01), 77-81. https://doi.org/10.37366/jabmas.v2i01.2523
Setyowati, R., Edy, S., Juariah, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Pengembangan Ekonomi Kreatif UMKM Berbasis Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam. Lentera Pengabdian, 2(01), 99-103.
Prasetyawati, Y. R., Setyaningtyas, E., Ayu, J. P., Sartika, K. D., & Adithia, S. (2021). Pelatihan Culinary Entrepreneur Dalam Mengembangkan Kinerja UMKM di Masa Pandemi. Journal Of Servite, 3(1), 31–43.
Prihatini, I. (2022). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Tingkatan Penjualan Produk Makanan dalam Persfektif Ekonomi Islam (Suatu Kajian Pada UMKM Kota Banda Aceh pasca covid-19). UIN Ar-Raniry.
Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi pengembangan umkm halal di jawa tengah dalam menghadapi persaingan global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1–7.
Ramlan, R., & Nahrowi, N. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 14(1).
Sayekti, N. W. (2014). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Kelembagaan. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 5(2), 193–209.
Setyowati, A., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi produk halal masyarakat kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 108–124.
Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Studi Literatur Implementasi Sertifikasi Halal Produk UMKM. Jurnal EMT KITA, 6(1), 118–125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.